Jumat 26 May 2023 03:34 WIB

Genjot Wisata Olahraga, Pemprov DKI Gelar Jakarta Half Marthon 2023

Jakarta Half Marathon diadakan dengan melewati rute di sepanjang stasiun MRT.

Rep: Rahmat Fajar/Eva Rianti/ Red: Erik Purnama Putra
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.
Foto: Republika/Haura Hafizhah
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jakarta Half Marathon akan digelar pada 20 Agustus 2023. Olahraga ini terbuka untuk umum baik nasional maupun internasional mulai dari kelas pelajar hingga kelas master usia 40 hingga 50 tahun ke atas. Peserta nantinya dapat memilih kategori Jakarta Half Marathon dengan jarak 21K serta kategori 10K dan 5K.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan, Jakarta Half Marathon 2023 merupakan bagian untuk menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia. Dengan diadakannya event tersebut, Heru berharap, Jakarta akan lebih dikenal luas sebagai kota besar dan maju.

"Kami percaya bahwa para pelari akan senang bergabung dan masyarakat DKI akan mendukung upaya menjadikan DKI sebagai wisata olahraga melalui lomba lari ini," ujar Heru dalam jumpa pers Jakarta Half Marathon di Stasiun MRT ASEAN, Jakarta Selatan, Kamis (25/5/2023).

Heru juga mendorong sejumlah BUMD DKI Jakarta untuk berpartisipasi menyukseskan event tersebut. Keseriusan itu, di antaranya ditunjukkan dengan mewajibkan bagi pimpinan BUMD yang tidak hadir untuk menjadi sponsor acara.

 

"Dirut Ancol terima  kasih sudah hadir di sini, Pak Dirut Pasar Jaya terima kasih, Dirut Transjakarta terima kasih, yang saya sebutkan tadi tidak wajib menjadi sponsor. Yang dirutnya tidak datang, wajib jadi sponsor," ujar Heru disambut tepuk tangan audiens.

 

"Dirut yang diwakilkan mana? Wajib sponsor!" ucap Heru melanjutkan. Dia Heru sempat mengabsen beberapa BUMD yang tidak dihadiri pimpinannya, seperti Bank DKI dan PT Jakpro.

 

Heru berharap ajang lomba lari semacam itu, selain menjadikan Jakarta sebagai wisata olahraga, juga sekaligus mempromosikan Ibu Kota kepada masyarakat. Ajang yang menargetkan 10 ribu pelari tersebut juga diharapkan dapat membangkitkan perekonomian Jakarta dengan partisipasi para UMKM.

 

Nantinya, para peserta dan pengunjung dapat berkunjung pada berbagai kegiatan menarik yang akan berpusat di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Seperti, pameran produk UMKM, pertunjukan kesenian khas Betawi, dan pameran kuliner Betawi.

Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Tuhiyat mengatakan, MRT akan selalu mendukung kegiatan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang memiliki dampak positif, termasuk penyelenggaraan Jakarta Half Marthon. Sebagai mitra kolaborasi, kata Tuhiyat, PT MRT Jakarta merasa bertanggung jawab untuk mensukseskan agenda tersebut.

Menurut Tuhiyat, Jakarta Half Marthon sangat istimewa karena digelar dengan rute  melewati area stasiun MRT. Hal itu karena start akan dimulai dari Monas hingga Markas ASEAN. Selain itu, Jakarta Half Marathon juga untuk pertama kalinya digelar. "Insya Allah (nantinya) akan diadakan setahun sekali," kata Tuhiyat.

Presiden Perkumpulan Intellegent Transport System (ITS) Indonesia, William P Sabandar menambahkan, pihaknya siap memberikan dukungan penuh terhadap Jakarta Half Marthon ini. Pasalnya, ITS Indonesia adalah wadah kolaborasi antara pemerintah, bisnis, masyarakat sipil, dan akademisi dalam mendukung pengembangan transportasi cerdas di Jakarta.

"Kami mendukung Jakarta Half Marthon dalam rangkan memperkenalkan Jakarta sebagai tuan rumah ITS Asia Pacific Forum yang akan dilaksanakan pada bulan Mei tahun 2024," ungkapnya.

Jakarta Half Marathon akan diberlakukan standar yang ketat dan memberikan kesempatan kepada 10 ribu peserta. Start dimulai dari Plaza Tenggara Monas sebagai dan finish harus melewati rute Jalan Merdeka Selatan, MH Thamrin, Jalan Jenderal Sudirma,n dan Jalan Sisingamaraja.

Menurut William, pendaftaran akan dibuka mulai Jumat (26/5/2023) dan tersedia 78 slot Merdeka yang dapat diakses secara gratis. Mekanisme slot menggunakan sistem 'siapa cepat, dia dapat'.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement