Jumat 19 May 2023 09:46 WIB

Di Manakah Pusat Keuangan Syariah Global? (Bagian 2)

Jakarta termasuk kota yang dipertimbangkan karena perkembangannya semakin menjanjikan

Pengunjung mengamati buku saat acara Bazar buku  Republika Ramadhan Festival 2023 di area aula Al-Fatah Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (7/4/2023). Republika Ramadhan Festival 2023 bertajuk Gaya Hidup Halal untuk Kebangkitan Ekonomi dengan pembahasan seputar ekonomi syariah dan gaya hidup halal dengan harapan dapat menggerakan perekonomian melalui ekonomi syariah. Acara tersebut menghadirkan serangkaian kegiatan seperti bazar, talkshow, kajian keislaman, santunan hingga hiburan tersebut berlangsung hingga Sabtu (15/4/2023).
Foto:

Pusat keuangan Islam penting lainnya

Pusat keuangan Islam terkemuka lainnya termasuk Doha di Qatar, Jakarta di Indonesia, Istanbul di Turki dan Islamabad di Pakistan. Sementara negara-negara ini memiliki bank atau dana Islam yang besar, seperti halnya dengan Qatar, atau populasi yang besar seperti di Indonesia.

Aktivitas keuangan Islam mereka terkonsentrasi di pasar domestik. Infrastruktur keuangan syariahnya juga dinilai masih belum berkembang jika dibandingkan dengan Dubai, Kuala Lumpur, London, Manama, atau Riyadh.

Keuangan Islam sendiri mengemuka selama krisis keuangan tahun 2008, karena investor mencari 'tempat berlindung yang aman'. Dunia perbankan konvensional dinilai sudah runtuh dan perlu ada skema keuangan alternatif yang lebih aman.

Reputasi yang diperoleh keuangan Islam untuk kemantapan dan stabilitas terus bergema, seperti halnya pertumbuhannya yang berkelanjutan. Perannya akan terus meningkat mengingat manfaat yang didapat dari menjadi pusat keuangan Islam, tidak terkecuali peningkatan tingkat FDI yang dapat dibawanya.

sumber : Investment Monitor
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement