Rabu 17 May 2023 14:40 WIB

Simak Tips Agar Terhindar dari Jebakan Utang Konsumtif!

Salah satunya, Jangan Tergoda dengan Promosi dan Diskon!

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Lida Puspaningtyas
Tips mengelola keuangan selama pandemi
Foto: Tim infografis Republika
Tips mengelola keuangan selama pandemi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak sedikit orang yang terjebak dalam kecanduan utang konsumtif. Keinginan-keinginan tersier seperti membeli tiket konser yang sangat mahal, gawai versi terbaru, liburan ke luar kota, dan keinginan gaya hidup lainnya semakin mudah didapat dengan kemajuan digital saat ini.

Direktur PT Insight Investments Management (INSIGHT) Ria M Warganda menyampaikan perlunya berhati-hati dengan adanya jebakan utang konsumtif ini. Utang konsumtif merujuk pada utang yang uangnya digunakan untuk membeli barang atau jasa yang tidak produktif atau memiliki keuntungan ke depannya.

Baca Juga

"Berbeda halnya dengan utang produktif, utang konsumtif ini tidak memiliki nilai investasi, karena digunakan untuk membiayai pembelian barang atau jasa yang tidak memberikan pengembalian pada masa depan atau nilainya bisa menurun, bahkan bisa jadi habis tanpa sisa," kata Ria, Selasa (16/5/2023).

Beberapa bahaya dari utang konsumtif menurut Ria adalah adanya bunga dan biaya tambahan yang cenderung lebih tinggi, bisa menjadi beban finansial, berpotensi menurunkan kredit skor, bahkan bisa memberikan pengaruh juga pada kesehatan mental. Ria pun memberikan beberapa tips agar tidak terjebak dengan utang konsumtif apalagi hingga kecanduan, berikut di antaranya:

 

1. Buat Anggaran Keuangan yang Jelas dan Terencana

Dalam membuat anggaran keuangan bulanan, menurut Ria, dapat dilakukan dengan memperkirakan berapa banyak pemasukan yang akan diterima dalam satu bulan, lalu membuat prioritas pengeluaran yang harus dilakukan seperti pembayaran tagihan, biaya makan, dan kebutuhan sehari-hari lainnya.

2. Gunakan Kartu Kredit dan Fitur Paylater dengan Bijak

Di satu sisi kartu kredit maupun fitur paylater memang memberi kemudahan untuk melakukan transaksi, tapi juga berpotensi membawa dalam jebakan utang konsumtif. “Sebisa mungkin gunakan kartu kredit maupun paylater hanya untuk pembelian yang memang benar-benar dibutuhkan, lalu pastikan untuk bayar tagihannya tepat waktu,” ujar Ria.

3. Jangan Tergoda dengan Promosi dan Diskon

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement