Ahad 16 Apr 2023 06:46 WIB

BSI Targetkan Himpun Rp 150 Miliar Ziswaf di BSI Mobile

Potensi zakat yaitu mencapai Rp 327 triliun per tahun.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Lida Puspaningtyas
Petugas Custumoer Service BSI sedang menjelaskan fitur BSI Mobile pada salah seorang nasabah. BSI Mobile menyediakan layanan berbagi, yang didalamnya terdapat fitur ziswaf.
Foto: BSI
Petugas Custumoer Service BSI sedang menjelaskan fitur BSI Mobile pada salah seorang nasabah. BSI Mobile menyediakan layanan berbagi, yang didalamnya terdapat fitur ziswaf.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mendorong masyarakat untuk menunaikan zakat, salah satunya dengan mengoptimalkan aplikasi BSI Mobile guna menghadirkan kemudahan bagi masyarakat dalam membayar zakat secara online. Dengan membayar zakat masyarakat turut berpartisipasi dalam upaya pemerintah mengurangi angka kemiskinan.

Direktur Information Technology BSI Achmad Syafii mengatakan, BSI memfasilitasi masyarakat untuk membayar zakat dengan mengoptimalkan fitur zakat yang ada di aplikasi BSI Mobile. Dengan aplikasi tersebut masyarakat dapat membayar zakat secara daring, dimanapun dan kapanpun.

Baca Juga

"BSI Mobile hadir sebagai sahabat finansial, tetapi juga sahabat sosial dan spiritual,” ujar Achmad Syafii dalam keterangan, Sabtu (15/4/2023).

Syafii mengungkapkan, di tahun 2023, BSI mentargetkan jumlah penghimpunan zakat, infak, sedekah dan wakaf atau yang dikenal dengan nama Ziswaf melalui BSI Mobile mencapai Rp 150 miliar. Sebelumnya pada 2022, BSI berhasil menghimpun dana Ziswaf sebesar Rp 95,1 miliar melalui kanal BSI Mobile.

"Penghimpunan Ziswaf di BSI Mobile akan terus naik seiring dengan momen pembayaran zakat fitrah ketika Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri," ujarnya.

BSI Mobile sebagai one stop financial solution, tidak hanya menyediakan fitur transaksi perbankan, tetapi juga sebagai sahabat sosial yang menyediakan fitur pembayaran Ziswaf bagi nasabah. Melalui BSI Mobile, nasabah dapat dengan mudah melakukan transaksi zakat fitrah melalui satu aplikasi.

Berdasarkan data dari Badan Nasional Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Indonesia memiliki potensi zakat yang sangat besar, yaitu mencapai Rp 327 triliun per tahun. Potensi besar dari zakat ini, jika digerakkan secara optimal mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mengurangi angka kemiskinan, serta menopang pertumbuhan ekonomi nasional, serta zakat menjadi instrumen yang mampu memberikan kesejahteraan dan ekonomi yang berkelanjutan.

Untuk penyaluran zakat fitrah, BSI Mobile juga telah bekerja sama dengan beberapa badan amil zakat resmi, seperti BSI Maslahat, BAZNAS, Dompet Dhuafa, dan Rumah Zakat. Secara keseluruhan,

BSI telah bekerja sama dengan 10 lembaga Ziswaf yaitu BSI Maslahat, BAZNAS, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, LAZISNU, LAZISMU, Badan Wakaf Indonesia, YBM PLN, dan Yayasan Mandiri Amal Insani. Selain Ziswaf, BSIMobile juga menyediakan layanan donasi lain seperti Berbagi Buka & Sahur, Berbagi Paket Lebaran, Berbagi Al Qur'an, dan Infak Sembako Keluarga

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement