Jumat 07 Apr 2023 17:33 WIB

Imam Besar Apresiasi Halal Lifestyle Dicanangkan di Bulan Ramadhan

Umat Islam jika ingin membuat kegiatan, diimbau saat Bulan Ramadhan.

Rep: Muhyiddin/ Red: Friska Yolandha
Direktur DEKS Bank Indonesia Wahyu Purnama dalam acara Talkshow Halal Lifestyle di halaman Masjid Istiqlal Jakarta, Jumat (7/4/2023) sore.
Foto: Republika/Muhyiddin
Direktur DEKS Bank Indonesia Wahyu Purnama dalam acara Talkshow Halal Lifestyle di halaman Masjid Istiqlal Jakarta, Jumat (7/4/2023) sore.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Prof KH Nasaruddin Umar mengapresiasi Republika yang mencanangkan Talk Show Halal Lifestyle di bulan suci Ramadhan. Karena, menurut dia, peristiwa monumental dalam sejarah Islam banyak yang terjadi di bulan yang mulia ini. 

"Apa yang akan kita canangkan pada hari ini My Halal Lifestyle ini, ingat sejarah Islam itu adalah sejarah bulan suci Ramadhan. Apa maksudnya? Hampir semua peristiwa monumental itu dalam sejarah Islam terjadi di bulan suci Ramadhan," ujar Prof Nasaruddin saat sambutan dalam acara Talkshow Halal Lifestyle di halaman Masjid Istiqlal Jakarta, Jumat (7/4/2023) sore.

Baca Juga

Guru Besar Ilmu Tafsir UIN Syarif Hidayatullah ini mengatakan, jika umat Islam mau membuat sebuah program maka sebaiknya dicanangkan di bulan Ramadhan, sehingga bisa mendapatkan berkah dari Ramadhan. 

"Jadi apapun yang kita cita-citakan, kita akan tancapkan sebuah program, maka sebaiknya kita melakukan pada bulan Ramadhan. Kenapa? insyaAllah seolah-olah Tuhan itu pasti akan memberikan berkah," ucap Prof Nasaruddin.

 

Rektor PTIQ ini pun mencontohkan berbagai peristiwa penting dalam sejarah Islam. Di antaranya adalah peristiwa pelantikan nabi, pelantikan Rasul, kemenangan besar di perang Badar, penaklukan Kota Makkah, penaklukan Mesir, pengusiran pasukan salib, serta penaklukan kota Spanyol.

"Kemudian juga jangan lupa Indonesia merdeka tanggal 9 Ramadhan hari Jumat 17 Agustus 1945," kata Prof Nasaruddin.

Dari segi pembangunan, menurut dia, Universitas Al Azhar di Mesir juga didirikan pada bulan suci Ramadhan oleh Dinasti Fathimiyah. "Jadi banyak sekali peristiwa monumental itu justru dicanangkan pada bulan suci Ramadhan, seoalah-olah apapun yang kita rencanakan pada bulan suci Ramadhan dijamin oleh Allah untuk sukses," jelas Prof Nasaruddin. 

"Nah hari ini kita akan melakukan pemberdayaan Halal Lifestyle ini," imbuhnya.

Sekadar informasi, Talkshow Halal Lifstyle ini merupakan rangkaian kegiatan Republika Ramadhan Festival yang digelar di Masjid Istiqlal pada 7-15 April 2023. Talkshow ini menghadirkan beberapa pembicara, seperti Stafsus Presiden RI Angkie Yudistia, Kepala Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia Arief Hartawan, Pendiri Halal Corner Aisha Maharani, serta Research & Development Head - Martha Tilaar Group, Ibu Maily.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement