Rabu 08 Mar 2023 21:05 WIB

Sasar Kaum Milenial, Ini Cara BSI Populerkan Ziswaf

40 persen pengumpulan ziswaf BSI melalui platform digital.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Friska Yolandha
Warga memindai kode batang (QR Code) untuk pembayaran zakat, infak dan sedekah di Masjid Jami Al-Mutaqqin, Jakarta, Selasa (15/2/2022). Bank Syariah Indonesia (BSI) mencatatkan angka fantastis sebanyak Rp228 miliar untuk zakat, infak, sedekah dan wakaf (Ziswaf) pada 2022.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Warga memindai kode batang (QR Code) untuk pembayaran zakat, infak dan sedekah di Masjid Jami Al-Mutaqqin, Jakarta, Selasa (15/2/2022). Bank Syariah Indonesia (BSI) mencatatkan angka fantastis sebanyak Rp228 miliar untuk zakat, infak, sedekah dan wakaf (Ziswaf) pada 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Syariah Indonesia (BSI) mencatatkan angka fantastis sebanyak Rp 228 miliar untuk zakat, infak, sedekah dan wakaf (Ziswaf) pada 2022. Capaian ini meningkat 67 persen dari tahun 2021 yang hanya berada di angka Rp 152 miliar.

Sedangkan pada tahun 2020, penyaluran ziswaf mencapai Rp 146 miliar dan diikuti tahun 2019 mencapai Rp 143 miliar. Total dari tadi angka Rp 228 miliar tersebut berasal dari pengumpulan secara digital sebesar 40 persen dan 60 persen nondigital.

Baca Juga

Direktur Information Technology BSI, Achmad Syafii mengatakan, Ziswaf merupakan instrumen keuangan syariah yang terbukti mampu mendorong terciptanya keuangan berkelanjutan jika dikelola dan disalurkan tepat sasaran. Sebagai pelaku usaha jasa keuangan syariah, BSI memiliki spirit yang besar untuk membangun kemakmuran dan kemajuan ekonomi ummat salah satunya memfasilitasi masyarakat untuk menyalurkan Ziswaf.

"Cara yang dilakukan untuk meningkatkan kesadaran gen milenial yakni dengan cara-cara yang mudah diterima. Melalui literasi ZISWAF dengan para financial planner, menyediakan fasilitas membayara ZISWAF melalui BSI Mobile dan juga bekerjasama dengan ekosistem islami seperti pesantren, sekolah islam, rumah sakit dan lembaga lainnya dalam hal edukasi dan layanan perbankan syariah," terangnya kepada Republika.co.id, Rabu (8/3/2023).

Jelang ramadhan, BSI juga terus mengembangkan BSI Mobile sebagai platform digital yang menjadi salah satu channel BSI menjangkau nasabah di semua segmen. BSI Mobile merupakan mobile banking dengan fitur lengkap sebagai sahabat finansial, sahabat sosial dan sahabat spiritual yang memikili layanan digital one stop solution yang bisa mengakses layanan pendanaan, pembiayaan, dan fitur sosial dan Islami.

Saat ini beragam fitur untuk kemudahan layanan nasabah telah tersedia di BSI mobile mencakup financial, spiritual, social dan lifestyle. Untuk layanan Ziswaf masuk kedalam transaksi sosial dengan fitur-fitur pembayaran berbagai jenis zakat dengan bekerjasama dengan berbagai mitra Ziswaf. Saat ini, BSI Mobile juga telah menyediakan fitur infak setelah transaksi dan kalkulator zakat.

"Menjelang ramadhan, fitur BSI Mobile akan makin banyak berisi tentang promo program ramadhan, informasi layanan penyaluran Ziswaf melalui lembaga yang bekerjasama dengan BSI dan juga layanan islami diantaranya juz 'amma, asmaul husna٫ artikel islam, lokasi masjid, arah kiblat dan waktu solat," tuturnya.

 

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement