Rabu 08 Mar 2023 17:54 WIB

Bidik Potensi Calon Haji di Jabar, Bank bjb syariah Optimalkan Layanan Satu Pintu

Realisasi pendaftaran haji di bank bjb syariah 2022 capai 7.393 booking seat

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
PT Bank Jabar Banten Syariah (Bank BJB Syariah). Bank bjb syariah terus berupaya menangkap potensi calon jamaah haji di Jabar.  Realisasi pendaftaran haji di bank bjb syariah 2022 capai  7.393 booking seat
Foto: BJB Syariah
PT Bank Jabar Banten Syariah (Bank BJB Syariah). Bank bjb syariah terus berupaya menangkap potensi calon jamaah haji di Jabar. Realisasi pendaftaran haji di bank bjb syariah 2022 capai 7.393 booking seat

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Bank bjb syariah terus berupaya menangkap potensi calon jamaah haji di Jabar. Karena, saat ini potensinya paling besar di Indonesia.

Menurut Direktur Utama bank bjb syariah Adang Ahmad Kunandar, untuk mengoptimalkan potensi tersebut pihaknya terus merangkul semua pihak. Salah satunya, menggandeng Kemenag untuk memaksimalkan dana setoran haji.

"Bank bjb syariah terus memperluas layanan pendaftaran haji dan umrah bagi  nasabah dengan meresmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Kantor Fungsional bank bjb syariah," ujar Adang acara Silaturahim Antara Bank BJB Syariah dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dan KBIHU terkait Haji dan Umrah, Rabu (8/3/2023).

Adang mengatakan bank bjb syariah dan Kemenag terus mempererat kerja sama untuk memudahkan masyarakat mendapatkan layanan perbankan yang sesuai dengan prinsip syariah, khususnya layanan haji dan umrah. Menurutnya, kehadiran Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Kantor Fungsional bank bjb syariah di Kemenag bisa memanjakan nasabah untuk daftar haji dan umrah diserta dengan layanan lainnya. 

Yakni, setoran tunai dan tarik dana, pembayaran PPOB, dan pembayaran pajak. "Dengan dibukanya PTSP dan kantor fungsional bank bjb syariah di Kemenag kami berharap dapat memberikan kemudahan dan mempercepat pelayanan haji dan umrah," kata Adang.

Saat ini, kata Adang, bank bjb syariah terus melakukan proses pembukaan layanan di seluruh Kantor Kemenag wilayah Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta dengan total 22 Kantor Fungsional dan telah aktif beroperasi. Khusus di Jawa Barat, kata dia, sebanyak 16 dari 27 kantor Kemenag di wilayah Jabar sudah tersedia layanan kantor BJBS di Gedung PLHUT/PTSP, yakni di Kabupaten Bekasi, Ciamis, Garut, Indramayu, Majalengka, Subang, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Tasikmalaya, Kota 

Bekasi, Depok, Kabupaten Bogor, Karawang, Cianjur, KBB, dan lainnya. Bank bjb syariah juga, kata dia, terus menggenjot pendaftaran haji melalui program Gerakan Santri Ngahaji atau KATAJI, Gerakan Haji Muda WANOJA (karyawan swasta/karyawan manufaktur atau pabrik/karyawan UMKM dan non ASN), serta Jajaran ASN Berangkat Haji atau JAJAKA.

Adapun realisasi pendaftaran haji di bank bjb syariah selama Januari - Desember 2022, kata dia, mencapai 7.393 booking seat haji dengan total market share 10,41 persen.

Selain di kantor bank bjb syariah, kata dia, nasabah juga bisa membuka tabungan haji dan membayar setoran awal haji melalui Mobile Maslahah. Hal ini sebagai bentuk dukungan terhadap digitalisasi dan kemudahan layanan proses pendaftaran haji melalui aplikasi Haji Pintar.

Khusus untuk tabungan haji muda, kata dia, pihaknya baru empat bulan sosialisasi. Salah satunya, menyasar ASN yang banyak menerima pegawai baru yang masih fresh graduate.

"ASN baru ini kita gerak dan sasar karena mereka punya pendapatan tetap. Gaji mereka di BJB di rekening kan kalau ikut tabungan haji tiap bulan bisa auto debet," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement