Ahad 05 Mar 2023 09:37 WIB

Kunker ke Jepang, Wapres Bawa Misi Ekonomi Syariah

Akan ada kerja sama KNEKS dengan Kyoto University terkait Kerja Sama Keuangan Syariah

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Lida Puspaningtyas
Wakil Presiden Maruf Amin melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Osaka, Jepang, Ahad (05/03/2023).
Foto: Dok.BPMI/Setwapres
Wakil Presiden Maruf Amin melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Osaka, Jepang, Ahad (05/03/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma’ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Osaka, Jepang, Ahad (5/3/2023). Selain Osaka, Ma’ruf juga diagendakan melakukan kunker di Kyoto, yaitu wilayah yang penah menjadi Ibu Kota Jepang selama 1000 tahun dan berperan sebagai pusat politik dan budaya.

"Wapres akan melakukan kunjungan bilateral ke Jepang, ada tiga agenda penting yang dibawa Wapres sebagai wakil Pemerintah," ujar Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi.

Baca Juga

Dalam siaran pers Sekretariat Wapres, Ma’ruf yang menggunakan Pesawat Garuda Airbus A330, dari Bandara Internasional Soekarno Hatta, menuju Bandara Internasional Kansai, Osaka ini akan mengawali kegiatan dengan melakukan pertemuan dengan Chairman Ezaki Glico Co di Hotel Imperial, Senin (6/3/2023).

Kemudian Ma’ruf akan meresmikan Masjid Istiqlal Osaka dan dilanjutkan melakukan Dialog Kebangsaan di Peacock West Room, Hotel Imperial dengan para warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Wilayah Kansai.

 

Hari berikutnya, Selasa (7/3/2023), Ma’ruf akan melakukan pertemuan singkat dengan jajaran Pimpinan Otsuka Foods Co. Ltd di Hotel Imperial serta berdialog dengan Diaspora Produk Halal secara virtual.

Lalu di hari ke-3 Ma’ruf dijadwalkan melakukan audiensi dengan Gubernur Kyoto di Kyoto Guest House. Selanjutnya, Ma’ruf diagendakan memberikan Kuliah Umum di Symposium Hall, Kyoto University. Acara ini akan dihadiri oleh Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang Komisariat Kyoto-Shiga (PPI Kyoto-Shiga), akademisi, perawat, dan kelompk nahdiyyin.

Selepas acara tersebut, Wapres diagendakan menyaksikan penandatanganan Letter of Intent (LOI) antara Komisi Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) dan Kyoto University terkait Kerja Sama Keuangan Syariah.

Selanjutnya, pukul 16.05 WS Ma’ruf direncanakan melakukan pertemuan dengan Presiden Kyoto University, di Kyoto University.

Usai melaksanakan serangkaian kegiatan selama kunker di Osaka dan Kyoto, Kamis (9/3/2023) Wapres dijadwalkan kembali ke Jakarta, dari Bandara Kansai, Osaka. Dengan menggunakan pesawat Garuda Airbus A330, Wapres diagendakan tiba di Jakarta sekitar pukul  16.20 WIB.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement