Rabu 22 May 2024 13:52 WIB

Bentuk KDEKS di Daerah, Ini Harapan Wapres

Kinerja ekonomi dan keuangan syariah terus tumbuh.

Wakil Presiden KH Maruf Amin.
Foto: Republika/Prayogi
Wakil Presiden KH Maruf Amin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin mengatakan, pembentukan komite daerah ekonomi dan keuangan syariah (KDEKS) menjadi sebuah ikhtiar membumikan ekonomi dan keuangan syariah agar semakin berdampak signifikan bagi perekonomian wilayah dan pada akhirnya memperkokoh ekonomi nasional.

Wapres menyebut dalam lima tahun terakhir, kinerja ekonomi dan keuangan syariah terus tumbuh di tengah pemulihan ekonomi dan menjadi salah satu sumber pertumbuhan ekonomi baru.

Baca Juga

"(Bahkan) peningkatan produktivitas pada sektor unggulan rantai nilai halal dan keuangan syariah turut memperkuat ketahanan ekonomi nasional," kata Wapres memberikan sambutan pada acara pengukuhan KDEKS Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) di Kabupaten Mamuju, Sulbar, Rabu (22/5/2024) dipantau secara daring.

Menurut Wapres, ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia ke depannya akan terus melaju. Salah satunya, karena adanya penguatan kelembagaan dan peningkatan sinergi antara pusat dan daerah melalui KDEKS.

 

"Ke depan, ekonomi dan keuangan syariah diyakini akan terus melaju dengan kewajiban sertifikasi halal, implementasi sejumlah peta jalan sektor strategis serta pengintegrasian ekonomi dan keuangan syariah dalam rencana pembangunan nasional jangka panjang dan menengah sebagai daya ungkitnya," ucap Wapres.

Akselerasi itu, kata dia, akan semakin dirasakan melalui strategi utama pengembangan ekosistem yang menyeluruh dan terintegrasinya empat fokus pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, yakni industri keuangan, industri halal, dana syariah zakat dan wakaf serta usaha dan pengembangan pengusaha syariah.

Wapres menilai dari keempat fokus itu, usaha dan pengembangan pengusaha syariah yang paling sangat menentukan. Sebab, industri keuangan, industri halal maupun zakat dan wakaf itu akan bisa berjalan jika ada pengusahanya.

"Pengusaha menjadi motor menjadi jangkarnya pengusaha ini dilakukan melalui inkubasi penumbuhan di daerah-daerah, pengusaha yang berbasis syariah memperkuat pengusaha syariah yang sudah ada dan yang paling besar adalah menghijrahkan yang selama ini menjadi pengusaha konvensional menjadi pengusaha yang berbasis syariah," ujar Wapres.

Selain itu, Wapres juga menyebut penguatan kelembagaan dan peningkatan sinergi antara pusat dan daerah yang efektif akan menjadi daya dorong keberhasilan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

"Untuk itu, kehadiran KDEKS Provinsi Sulawesi Barat yang baru saja dikukuhkan saya yakini dapat menjadi pilar penting dalam mengembangkan potensi besar ekonomi dan keuangan syariah," kata Wapres.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement