Rabu 17 Apr 2024 06:30 WIB

Ini Rekomendasi Wisata di Kaki Gunung Kinabalu Malaysia

Kita bisa menikmati wisata minum teh maupun agrowisata ternak sapi.

Gunung Kinabalu
Foto: AP
Gunung Kinabalu

REPUBLIKA.CO.ID, KINABALU -- Berwisata di Sabah, Malaysia, tak lengkap rasanya bila tidak mengunjungi Gunung Kinabalu.

Namun tenang saja, tak harus mendaki gunung yang memiliki ketinggian 4.095 meter di atas permukaan laut ini. Pengunjung dapat menikmati sejumlah destinasi wisata di sekitar kaki gunung tertinggi kelima di Asia Tenggara ini seperti Nabalu Town hingga Luanti River Spa.

Baca Juga

1. Nabalu Town

Dengan menempuh perjalanan sekitar dua jam via darat dari pusat kota Kinabalu, pengunjung dimanjakan dengan pemandangan gagahnya gunung Kinabalu dari titik pandang ini. Bila beruntung, pengunjung dapat menikmati Gunung Kinabalu tanpa berbalut kabut sehingga puncak gunung terlihat jelas.

Di tempat persinggahan terdapat tempat bernama Pekan Nabalu, yakni pusat oleh-oleh yang menjual bermacam pernak-pernik khas Sabah. Mulai dari kerajinan tangan, baju hingga hasil pertanian salah satunya buah nanas yang manis dan segar seharga 10 ringgit Malaysia (RM) atau sekitar Rp 32.800 (asumsi kurs Rp 3.280) dengan bentuk sudah dipotong maupun utuh.

Sementara apabila hendak menggunakan toilet umum, pengunjung bakal dikenakan tarif sebesar RM 0,5 per orang.

Pengunjung disarankan untuk menyiapkan uang tunai jika berbelanja di kawasan pekan Nabalu. Sebab kode respon cepat (QR Code) tidak berfungsi untuk metode pembayaran via QRIS.

 

2. Desa Cattle Farm

Destinasi selanjutnya adalah desa cattle farm yang menawarkan pemandangan serasa di Selandia Baru dengan hamparan padang rumput hijau yang luas. Bila kabut tidak turun, keindahan semakin terasa dengan kehadiran kawasan sapi-sapi perah.

Destinasi ini menawarkan hasil peternakan berupa susu yang dapat dinikmati dalam beragam produk berupa susu segar, gelato, yoghurt hingga beragam keju.

Untuk aktivitas bagi keluarga termasuk anak-anak, pengunjung dapat memberi makan sapi-sapi dalam kandang. Wisata ini dibanderol RM 1,5 untuk susu per botol dan RM 1 untuk rumput per ikat.

Sesi feeding itu terbagi dalam dua sesi yakni pada pukul 8.00 hingga pukul 12.00 waktu setempat, serta sesi selanjutnya yakni pada 13.30 hingga pukul 16.30 waktu setempat.

Bila sudah puas memberi makan sapi, dapat menjajal nikmatnya olahan dari susu sapi berupa gelato yang dipatok seharga RM 6,5. Sementara untuk kudapan yang tersedia berupa sosis sapi, ada krispi hingga pizza yang dapat dibayar dengan beragam transaksi nontunai seperti kartu kredit serta dompet elektronik.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement