Ahad 31 Mar 2024 22:30 WIB

Dompet Dhuafa dan Maybank Syariah Hadirkan Kolaborasi Kebaikan di Bulan Ramadhan

Acara ini tindak lanjut kerja sama Dompet Dhuafa dengan UUS Maybank Indonesia.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Fuji Pratiwi
Dompet Dhuafa bekerja sama dengan Maybank Indonesia dan komunitas Temenin menggelar ngabuburit bersama di Gedung Sentral Senayan III, Jl Asia Afrika No. 8, Jakarta, Sabtu (30/3/2024).
Foto: Republika/Fauziah Mursid
Dompet Dhuafa bekerja sama dengan Maybank Indonesia dan komunitas Temenin menggelar ngabuburit bersama di Gedung Sentral Senayan III, Jl Asia Afrika No. 8, Jakarta, Sabtu (30/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dompet Dhuafa berkolaborasi dengan Unit Usaha Syariah PT Bank Maybank Indonesia Tbk dan Komunitas Temenin melaksanakan kegiatan Ngabuburit yang terdiri atas tiga kegiatan yaitu, soft lauching kerja sama strategis Dompet Dhuafa dengan UUS Maybank Indonesia, workshop mental health serta kajian.

Acara yang dihadiri sekitar 200 orang ini merupakan tindak lanjut kerja sama antara Dompet Dhuafa dengan UUS Maybank Indonesia. Dompet Dhuafa dan Maybank Indonesia juga berkolaborasi untuk memperluas kemudahan beramal bagi nasabah melalui transaksi ZISWAF, sehingga dapat meningkatkan penyaluran dana kepada masyarakat.

Baca Juga

"Kerja sama ini merupakan perwujudan strategi Grup Maybank M25+ yakni pengembangan kapabilitas Banking-as-a-Service (BaaS) dalam memenuhi kebutuhan masyarakat termasuk komunitas dengan menghadirkan additional service untuk transaksi ZISWAF dalam membantu pemberdayaan umat," ujar Head Shariah Banking Maybank Indonesia, Romy Buchari, di Kantor Pusat Maybank, Senayan, Sabtu (30/3/2024).

Kerja sama strategis ini berupa pengembangan produk layanan Maybank Indonesia yang diintegrasikan secara digital pada platform aplikasi Dompet Dhuafa. Hal ini dapat memudahkan para donatur melakukan pembayaran ZISWAF langsung dari sumber dana pada rekening berbasis syariah di Maybank Indonesia milik donatur atau yang dikenal dengan istilah account binding.

Selain itu, kerja sama ini juga meliputi penambahan channel pembayaran dalam bentuk Maybank Virtual Account yang terintegrasi langsung dengan aplikasi Dompet Dhuafa. Kerja sama Pengembangan layanan ini disediakan untuk memberikan kemudahan bagi para donatur dalam melakukan zakat, infak, sedekah, wakaf hingga kurban.

Dari sisi literasi keuangan, Dompet Dhuafa dan UUS Maybank Indonesia juga akan terus berkolaborasi. Khususnya terkait pengelolaan harta kekayaan dan zakat melalui pendekatan Shariah Wealth Management dan kerja sama layanan haji.

Selain launching kerja sama, kegiatan ini juga ada kegiatan Workshop dan kajian bertemakan "Kalahkan Amarahmu, Gapai Jannahmu".

"Kami melihat ini adalah isu yang sedang marak di kalangan muda, khususnya kaum wanita yang memiliki beban mental yang cukup menantang dengan segala aktivitasnya. Dompet Dhuafa berkomitmen melalui salah satu pilar programnya yaitu kesehatan untuk meningkatkan kepedulian tentang Kesehatan mental," ujar General Manager Komunikasi dan Teknologi Informasi Dompet Dhuafa, Dian Mulyadi. 

Dian turut menyampaikan apresiasinya atas berbagai kolaborasi yang dilakukan bersama UUS Maybank Indonesia. Ini merupakan bentuk dukungan terhadap Dompet Dhuafa yang telah berkiprah selama 31 tahun di bidang pemberdayaan.

Dompet Dhuafa terus menggaungkan kolaborasi dan aksi kebaikan dalam rangka mengentaskan permasalah sosial di masyarakat kepada seluruh entitas masyarakat, dan hari ini kerja sama dengan Maybank adalah satu bentuk terobosan baru.

Ia menambahkan, bantuan lainnya yang sampai hari ini masih terus berjalan berupa bantuan kaki palsu. Sebelumnya juga telah dilakukan penandatangan penyaluran sertifikasi guru ngaji dan infak masjid.

Dengan adanya digitalisasi, kolaborasi dengan UUS Maybank Indonesia membantu Dompet Dhuafa untuk memberikan kemudahan dalam transaksi kebaikan melalui DD Apps yang bisa langsung menjadi kanal donasi bagi nasabah atau donatur yang ingin bertransaksi kebaikan, bahkan ada pengingat setiap pagi.

"Jadi kami bersyukur masih mendapat kepercayaan dari UUS Maybank sebagai Business Strategic Dompet Dhuafa yang sampai hari ini menyalurkan dana-dana kolaborasi kebaikannya ke Dompet Dhuafa, yang kemudian bisa kami salurkan dengan tepat sasaran sampai ke pelosok negeri. Kami berharap, kedepannya akan terjalin kerja sama yang semakin erat untuk menyelesaikan berbagai permasalahan di Indonesia," kata Dian.

Kegiatan ini berkolaborasi dengan Temenin yang merupakan komunitas yang didirikan untuk menginspirasi, mengedukasi, dan menghibur sekelompok orang dalam satu ketertarikan yang sama dari gaya hidup, dan hobi. Kegiatan yang dihadiri 200 peserta ini juga disupport Zahin Digital Agency. Sejak event pertama, Zahin Digital Agency selalu support dalam hal dokumentasi acara serta media partner.

Irmalia selaku Founder Temenin menyampaikan, kajian dan workshop perempuan ini digelar ditujukan kepada perempuan agar tetap produktif selama menjalani ibadah puasa. "Inisebagai bekal untuk berbenah diri dan bisa memaknai bahwa menjadi perempuan istimewa utamanya adalah bisa menjadi support system sesama perempuan," kata Irma.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement