Sabtu 16 Mar 2024 14:16 WIB

Cuaca Ekstrem, Taman Nasional Baluran Tutup Sementara

Di sepanjang jalur wisata tersebut sebelumnya ada sejumlah pohon tumbang.

Dua warga berpose saat berolahraga di Sabana Bekol Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur, Ahad (12/6/2022).
Foto: ANTARA/Seno
Dua warga berpose saat berolahraga di Sabana Bekol Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur, Ahad (12/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, SITUBONDO -- Objek wisata alam Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur ditutup sementara bagi pengunjung pada 16-18 Maret 2024 atau selama tiga hari. Ini adalah dampak dari cuaca ekstrem hujan lebat dan angin kencang sehingga mengakibatkan sejumlah pohon tumbang di sepanjang jalur wisata.

Humas Balai Taman Nasional Baluran Situbondo Joko Mulyono menjelaskan, penutupan sementara objek wisata alam di Kecamatan Banyuputih, Situbondo itu dilakukan sebagai upaya mengurangi risiko bencana alam karena di sepanjang jalur wisata tersebut sebelumnya ada sejumlah pohon tumbang.

Baca Juga

"Mulai dari jalur Batangan, Bekol sampai dengan Pantai Bama berpotensi pohon tumbang ketika hujan lebat disertai angin kencang. Beberapa hari lalu ada beberapa pohon tumbang, alhamdulillah tidak menimpa wisatawan," katanya saat dihubungi di Situbondo, Jawa Timur, Sabtu (16/3/2024).

Oleh karena itu, kata Joko, penutupan sementara kunjungan wisata alam yang dijuluki Africa van Java itu sebagai upaya mitigasi bencana karena sesuai peringatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) prakiraan cuaca ekstrem hujan lebat dan angin kencang terjadi hingga 18 Maret mendatang.

Dengan penutupan sementara aktivitas kunjungan wisata ini, menurut ia, petugas Taman Nasional Baluran akan fokus melakukan pembersihan ranting pohon di sepanjang jalur objek wisata karena sebelumnya sudah ada beberapa pohon yang tumbang.

"Sebelumnya kan musim kemarau, dan ketika tiba-tiba hujan lebat tanah jadi gembur, ditambah tiupan angin kencang sehingga pohon mudah tumbang," ujar Joko.

Joko Mulyono menambahkan, kunjungan wisata Taman Nasional Baluran diperkirakan akan dibuka kembali pada 18 Maret, namun tergantung kondisi cuaca.

"Jika memang cuaca sudah membaik pada 18 Maret 2024, tentunya akan kembali dibuka, dan sebaliknya kalau cuaca kurang mendukung akan dipertimbangkan kembali," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement