Rabu 13 Mar 2024 17:16 WIB

OJK Targetkan Inklusi Keuangan Syariah Bagi 2 Juta Orang

OJK juga akan melakukan 295 kegiatan literasi dengan target 786.929 peserta.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Lida Puspaningtyas
Ilustrasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
Foto: ADITYA PRADANA PUTRA/ANTARA FOTO
Ilustrasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali menggelar program Gebyar Ramadan Keuangan Syariah (Gerak Syariah) 2024 yang bertemakan “Berburu Berkah Ramadhan Melalui Keuangan Syariah”.

Gerak Syariah merupakan kampanye nasional keuangan syariah dalam upaya meningkatkan indeks literasi dan inklusi keuangan syariah yang pelaksanaannya berkolaborasi dengan Pelaku Usaha Jasa Keuangan Syariah (PUJKS) dan Kementerian/Lembaga terkait.

Baca Juga

Kepala Grup Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah OJK Muhammad Ismail Riyadi mengatakan, Gerak Syariah 2024 akan dilaksanakan secara serentak di 35 kantor wilayah OJK. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan inklusi keuangan syariah lebih dari 2 juta orang.

"Alhamdulillah tercatat sebanyak 124 rencana kegiatan inklusi dengan total target masyarakat inklusi sebanyak 2.074.419 orang," kata Ismail dalam Pembukaan Gerak Syariah 2024 yang diikuti secara daring, Rabu (13/3/2024).

Selain kegiatan inklusi, OJK juga akan melakukan 295 kegiatan literasi dengan target 786.929 peserta dan 146 kegiatan sosial pendukung yang diharapkan dapat melibatkan 669.347 sukarelawan. Nantinya, OJK juga akan berkolaborasi dengan kantor perwakilan Bank Indonesia, Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD), Komite Daerah Ekonomi Keuangan Syariah (KDEKS), serta para pelaku usaha jasa keuangan syariah di daerah.

Ismail mengatakan akan ada dua rangkaian kegiatan utama. Pertama, 'Kolaks’ yaitu ‘Kajian dan Obrolan Seputar Keuangan Syariah’ yang merupakan kegiatan edukasi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai keuangan syariah maupun pengelolaan keuangan berdasarkan prinsip syariah yang baik.

"Kolaks dikemas dalam bentuk yang edukatif, informatif, dan menarik bagi seluruh kelompok masyarakat melalui webinar, podcast, talkshow, serta diseminasi konten pada kanal media sosial," ujarnya.

Kegiatan kedua disebut ‘Kurma' atau ‘Kompetisi Keuangan Syariah di Bulan Ramadhan’ yang bertujuan untuk meningkatkan semangat dan kreativitas masyarakat untuk berbagi informasi dan pengetahuan tentang keuangan syariah. Adapun kompetisi yang akan diselenggarakan mencakup Lomba Kultum Keuangan Syariah, Lomba Reels Edukasi Keuangan Syariah, Lomba Hadrah, Lomba Call for Content bersama Keuangan Syariah, serta kuis mingguan melalui melalui kanal media sosial Sikapi Uangmu.

OJK berharap, penyelenggaraan Gerak Syariah dapat menyebarluaskan informasi, meningkatkan kesadaran, serta mengedukasi publik akan keuangan syariah yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh kelompok masyarakat karena keuangan syariah bersifat inklusif, universal, dan dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement