Selasa 27 Feb 2024 15:24 WIB

Wamenparekraf Incar Kunjungan Wisnus Tembus 1 Juta pada F1 Powerboat

Untuk kunjungan wisman, ditargetkan kunjungan mencapai 200 ribu.

F1 Powerboat Danau Toba.
Foto: dok InJourney
F1 Powerboat Danau Toba.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo memproyeksikan, kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) pada gelaran F1 PowerBoat meningkat hingga 1 juta perjalanan.

“Tahun ini akan mengalami pertumbuhan, wisnus meningkat, mungkin ada tambahan 1 juta perjalanan, karena F1 PowerBoat tahun lalu kurang lebih 24 juta kunjungan, kami ingin meningkat menjadi 25 juta,” ujar Angela dalam sesi diskusi yang digelar secara daring di Jakarta, Selasa (27/2/2024).

Baca Juga

Sementara itu untuk kunjungan wisatawan mancanegara (wisman), ia menargetkan kunjungan sebanyak 200.000. Target ini meningkat dibandingkan dengan kunjungan wisman pada F1 PowerBoat 2023 yang tercatat sebanyak 197.015 kunjungan.

“Jadi kami harapkan ini bisa membantu kami dalam meraih target tahun ini yang meningkat secara nasional,” katanya.

 

Melihat data BPS, katanya, pada saat F1 PowerBoat 2023 digelar, kunjungan wisman di Sumatera Utara mencapai 197.015 kunjungan atau naik 220 persen dari tahun sebelumnya.

Ke depan, kegiatan (events) termasuk wisata olahraga (sport tourism) bakal menjadi strategi dalam mendongkrak pariwisata Indonesia termasuk mengembangkan destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) maupun destinasi lainnya.

Selain itu, ia menambahkan, penyelenggaraan kegiatan terbukti menjadi pemantik pengembangan infrastruktur di berbagai destinasi serta menjadi alat promosi yang ampuh dalam meningkatkan citra destinasi yang positif serta memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat. Hal ini karena banyaknya UMKM lokal yang dilibatkan dalam perhelatan ajang F1 PowerBoat tahun lalu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement