Jumat 23 Feb 2024 21:59 WIB

Rayakan Cap Gomeh, Kebun Raya Bogor Hadirkan Showcase Barongsai dan Naga

Kehadiran showcase ini diharapkan meningkatkan jumlah pengunjung Kebun Raya Bogor.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Sejumlah pengunjung piknik saat berwisata di Kebun Raya Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (30/6/2023).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah pengunjung piknik saat berwisata di Kebun Raya Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (30/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Dalam rangka perayaan Cap Gomeh, Kebun Raya Bogor, menawarkan promo Spesial Februari Cap Gomeh bagi pengunjung Kebun Raya Bogor. Pengunjung bisa melihat kegiatan Showcase Barongsai dan Naga, serta promo kuliner lontong Cap Gomeh di Resto Secret Garden dan Resto raasaa.

"Kami mengharapkan pengunjung bisa naik hingga 50 persen,” kata Sales and Marketing Manager, Susi Suparlina, dikutip dari rilis pers, Jumat (23/2/2024).

Baca Juga

Selain Promo Spesial Februari Cap Gomeh, beberapa area di dalam Kebun Raya Bogor di dekorasi dengan suasana Imlek yaitu lampu lampion dan ornamennya. Selain itu? ada sambutan staf dengan mengenakan topi cheongsam khas Hari Raya Imlek.

Promo Spesial Februari Cap Gomeh, Showcase Barongsai & Naga akan diberikan pada 25 Februari 2024 pukul 09.00-10.00 WIB. Sedangkan, promo kuliner Lontong Cap Gomeh akan dilaksanakan pada 23-25 Februari 2024, dengan jam yang berbeda. 

 

Di Resto Secret Garden pada pukul 07.00-12.00 WIB, sementara di Resto raasaa pada pukul 08.00 WIB – 20.00 WIB Promo ini ditujukan untuk pengunjung Kebun Raya Bogor yang datang pada saat weekend, seperti keluarga dan pasangan. 

Bagi pengunjung yang ingin menyaksikan Showcase Barongsai & Naga cukup membeli tiket Kebun Raya Bogor baik secara online maupun offline. Sedangkan, untuk Lontong Cap Gomeh harga di Resto Secret Garden Rp 35 ribu dan di Resto raasaa Rp 50 ribu.

Grup Kesenian Barongsai Bogor Indonesia

Showcase Barongsai dan Naga ini akan ditampilkan oleh tim dari Grup Kesenian Barongsai Bogor Indonesia (GKB BOGOR INDONESIA). Grup kesenian ini berdiri sejak tahun 2000. Pada penampilannya di Kebun Raya Bogor, setidaknya adalah 40 orang personil akan terlibat.

Ketua Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Kota Bogor, Jemmy Charter, mengatakan Barongsai dan Liong itu mengajarkan tentang semangat hidup, kejujuran, dan keberanian dalam menghadapi setiap permasalahan. Dia menjelaskan mereka akan menampilkan cerita naga bermain di atas awan dan singa (barongsai) bermain di dalam hutan. 

“Yang pasti banyak atraksi. Barongsai ada gerakan seperti binatang yang lincah dan melompat-lompat yang di mainkan oleh dua orang. Liong/Naga gerakan meliuk-liuk dan atraksi yang memukau dari pada pemain,” kata Jemmy.

Barongsai itu hewan yang menyerupai singa yang dimainkan oleh dua orang. Naga adalah sosok ular raksasa yang melambangkan kewibawaan dan kekuatan.

Grup kesenian ini sudah pernah tampil di beberapa kota. Untuk tahun ini, ada pertunjukan di Jabodetabek, Kerawang, Bandung, Banten, dan di luar Pulau Jawa. Grup kesenian ini memiliki berbagai prestasi yang sudah diraih. Salah satunya Juara Harapan 1 Dunia pada pertandingan Kejuaraan Dunia Ketiga di Kenjeran Park, Surabaya 2006 kategori Liong/Naga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement