Ahad 05 Nov 2023 23:25 WIB

BI Fasilitasi Promosi Wisata Candi Muaro Jambi

Wisata Candi Muaro Jambi bisa disandingkan dengan berbagai kegiatan budaya.

Pengunjung berfoto di Candi Tinggi, Kawasan Cagar Budaya Nasional (KCBN) Muarojambi, Jambi, Kamis (5/5/2022).
Foto: ANTARA/Wahdi Septiawan
Pengunjung berfoto di Candi Tinggi, Kawasan Cagar Budaya Nasional (KCBN) Muarojambi, Jambi, Kamis (5/5/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi membantu memfasilitasi promosi wisata cagar budaya nasional Candi Muaro Jambi melalui pergelaran Kenduri Budaya.

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Jambi Hermanto di Jambi, Ahad (5/11/2023), mengatakan, BI juga berkomitmen untuk terus mendorong pengembangan ekonomi melalui potensi unggulan daerah seperti pariwisata di kawasan Candi Muara Jambi.

Baca Juga

"Ada beberapa faktor mengapa kami memilih Candi Muaro Jambi di antaranya lokasi candi yang relatif dekat dari Kota Jambi dengan kualitas infrastruktur jalan yang baik sehingga memudahkan wisatawan berkunjung," kata Hermanto.

Selain lokasi, Candi Muaro Jambi, menurutnya, memiliki daya tarik utama yaitu keberadaan nilai warisan bersejarah yang tidak dimiliki oleh kawasan wisata lain di Indonesia. Aktivitas di destinasi wisata candi ini memiliki potensi untuk terus dikembangkan dan disandingkan dengan berbagai kegiatan budaya untuk semakin meningkatkan minat kunjungan masyarakat.

 

Ia menyebutkan berbagai kegiatan dapat dilakukan oleh pengunjung untuk menggali dan mengeksplorasi potensi di tempat wisata. Mulai dari pemahaman sejarah, kuliner tradisional khas daerah maupun aktivitas lain yang saat ini tengah dalam proses pematangan.

Pada Kenduri Budaya ini, BI Jambi menampilkan tarian tradisional daerah, pencak silat, peragaan busana batik Jambi, pameran makanan khas daerah, produk UMKM binaan BI Jambi dan kearifan lokal lainnya. Upaya promosi wisata Candi Muaro Jambi ini dilakukan BI dalam rangka meningkatkan jumlah wisatawan ke Muaro Jambi.

Hermanto menegaskan berdasarkan data BPS Provinsi Jambi, Kabupaten Muaro Jambi yang memiliki wisata candi ini masuk urutan ketujuh daerah dengan kunjungan wisatawan terbanyak se-Provinsi Jambi. "Ini kan sudah ada Candi Muaro Jambi tapi masih rendah kunjungannya sehingga itu juga alasan mengapa BI membantu promosi wisata Muaro Jambi," kata dia.

Ia mengatakan promosi Candi Muaro Jambi membutuhkan kerja sama dan peran seluruh pihak terkait.

Gubernur Jambi Al Haris mengapresiasi inovasi BI Jambi dalam membantu pemerintah daerah mempromosikan wisata. "Industri pariwisata menjadi salah satu sektor yang kami kembangkan bersama BI, semua harus berperan untuk membantu promosi wisata itu sehingga lebih menggerakkan perekonomian," kata Al Haris.

 

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement