Ahad 05 Nov 2023 20:18 WIB

Bank Muamalat dan BMM Aktif Lakukan Penggalangan Dana untuk Palestina

BMM mengaku aktif melakukan penggalangan dana bekerjasama dengan sejumlah mitra

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Sejumlah tokoh nasional menghadiri  Aksi Damai Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina di Kawasan Monas, Jakarta, Ahad (5/11/2023).
Foto: Republika/Prayogi
Sejumlah tokoh nasional menghadiri Aksi Damai Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina di Kawasan Monas, Jakarta, Ahad (5/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aksi lintas agama bela Palestina tidak hanya dihadiri massa aksi yang memadati kawasan Monumen Nasional, Jakarta, Ahad (5/11/2023). . Meskipun tidak turut serta secara institusi atau kelembagaan dalam aksi yang digelar hari ini, baik bank Muamalat maupun Baitulmal Muamalat (BMM) terus mendukung secara aktif membantu Palestina.

"Secara institusi/kelembagaan baik Bank Muamalat maupun Baitulmal Muamalat (BMM) tidak berpartisipasi dalam Aksi Bela Palestina yang berlangsung di Monas, Jakarta hari ini. Sebagai bentuk kepedulian dan dukungan kami terhadap rakyat Palestina, BMM secara aktif melakukan penggalangan dana bekerjasama dengan sejumlah mitra," ujar Corporate Secretary Bank Muamalat Hayunaji kepada Republika, Ahad (5/11/2023).

Hingga saat ini, penggalangan dana masih terus dilakukan untuk nantinya akan diserahkan kepada rakyat Palestina. Penggalangan dana dikumpulkan melalui donasi #panggilankemanusiaan selamatkan Palestina.

Pada hari ini ribuan warga memadati lapangan Monas untuk mengikuti aksi bela Palestina. Mereka datang dari berbagai penjuru daerah. Tak hanya warga, aksi ini juga dihadiri sejumlah pejabat pemerintah hingga anggota DPR RI.

Menlu Retno LP Marsudi menegaskan sikap dan posisi Pemerintah Indonesia yang mendukung kemerdekaan rakyat Palestina. Karena itu, melalui aksi bela Palestina ini menjadi langkah dukungan masyarakat Indonesia kepada rakyat Palestina.

"Dan kemarin bantuan tahap pertama sudah diberangkatkan dan dilepas langsung oleh Presiden Joko Widodo. Dan ini bukan hanya bantuan dari Pemerintah tetapi dari seluruh rakyat Indonesia yang disalurkan melalui lembaga-lembaga kemanusiaan. Terima kasih kepada rakyat Indonesia," ujar Retno.

Sementara, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengajak seluruh rakyat Indonesia melakukan shalat gaib bagi warga Palestina yang menjadi korban agresi Israel. Ia juga mengajak seluruh rakyat Indonesia sekaligus mendoakan bangsa Palestina agar mendapat keadilan dan kemerdekaannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement