Senin 10 May 2021 04:17 WIB

Silaturahim atau Silaturahmi?

Ada yang menyebut silaturahmi, ada yang bilang silaturahim.

Rep: Suara Muhammadiyah/ Red: Elba Damhuri
Silaturahmi dan Silaturahim saat Idul Fitri
Foto:

Boleh juga kita mengatakan “silaturrihmi” karena arti “ar-rihmi” sama dengan “ar-rahim” yang mempunyai tiga arti; rahim wanita, kekerabatan dan kerabat itu sendiri. Kerabat itu adalah mereka yang antara orang itu dengan lainnya ada ikatan nasab atau keturunan, baik ia mewarisinya atau tidak.

Kata-kata silaturahim atau silaturahmi ini sangat populer bagi penduduk Indonesia dan masuk ke dalam bahasa Indonesia tanpa perlu diterjemahkan lagi. Ini seperti istilah-istilah Islam lainnya seumpama shalat, haji, amar ma’ruf nahi munkar dan lainnya. 

Namun supaya lebih jelas dan tegas berikut ini dipaparkan arti silaturahim yaitu menyambung atau menjalin kasih sayang kita dengan kerabat dan kenalan kita dengan cara memberinya sedekah atau salam atau pertolongan atau mengunjunginya atau lainnya sesuai dengan keadaan kita dan mereka.

Jadi meskipun dalam hal ini yang paling tepat adalah “silaturahim” atau “silaturrihmi“, kami berpendapat, jika kata-kata Arab itu telah menjadi bahasa kita, maka tidak mengapa menuliskan atau mengucapkannya sesuai dengan yang mudah bagi lisan kita. 

Tambahan pula, bahasa itu berkembang dan senantiasa mengalami modifikasi, apalagi ketika ditransliterasikan (disalin) atau diterjemahkan ke dalam bahasa lain. Dan bukan suatu kesalahan menurut syara’ jika kita melakukan hal itu.

Wallahu a’lam.

Rubrik Tanya Jawab Agama Diasuh Divisi Fatwa Majelis Tarjih dan Tajdid

Pimpinan Pusat Muhammadiyah

Sumber: Majalah SM No 2 Tahun 2008

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement