Kamis 14 Jan 2021 13:37 WIB

Hukum Wanita Bernyanyi di Depan Laki-Laki Non-Mahram

Tidak pernah ditemukan dalil yang menunjukkan bahwa suara wanita adalah aurat.

Rep: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)/ Red: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)
Hukum Wanita Bernyanyi Di Hadapan Laki-Laki Non Mahram | Suara Muhammadiyah

Ketiga, mengenai suara wanita termasuk aurat atau bukan. Sepengetahuan kami, tidak pernah ditemukan dalil yang menunjukkan bahwa suara wanita adalah aurat.

Bahkan realitas sejarah kehidupan para sahabat menunjukkan, bagaimana para sahabat (baik lelaki maupun perempuan) berinteraksi dengan para istri Nabi saw, bertanya mengenai suatu permasalahan, saling memberikan fatwa dan meriwayatkan Hadis. Tentu interaksi mereka dilandasi dengan adab dan akhlak yang baik.

Berdasarkan itulah, maka fatwa Tarjih yang saudara maksudkan menyimpulkan, bahwa suara perempuan bukanlah aurat, sehingga tidak ada halangan untuk didengar oleh orang yang bukan mahram, dan hukum musik, nyanyian, lagu adalah diperbolehkan (mubah) dengan syarat isinya tidak bertentangan dengan ketentuan agama, di antaranya tidak mengandung kata-kata yang menyesatkan dan menjurus pada kemaksiatan, serta biduan yang menyanyikan berpenampilan Islami, yakni menutup aurat dan tidak mengarah pada gerakan-gerakan erotis.

Dengan demikian, jelaslah bahwa Muhammadiyah, dalam hal ini Tim Fatwa Majelis Tarjih dan Tajdid, tidak menjadikan pendapat Yusuf al-Qaradawi sebagai hujjah atau landasan hukum, namun hanya memosisikannya sebagai pandangan ulama yang ada persamaan dengan hasil ijtihad Muhammadiyah.

Wallahu a‘lam bish-shawab

Rubrik Tanya Jawab Agama Diasuh Divisi Fatwa Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah

Sumber: Majalah SM No 8 Tahun 2020

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan suaramuhammadiyah.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab suaramuhammadiyah.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement