Jumat 27 Sep 2013 12:04 WIB

Investasi Rp 500 Ribu Tiap Bulan, Bisakah?

Emas batangan untuk investasi
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Emas batangan untuk investasi

REPUBLIKA.CO.ID, Saya ingin berinvestasi tiap bulan dengan waktu setahun.  Misalkan setiap bulan saya setor sebesar Rp 500.000 hingga satu tahun.  Setelah satu tahun dana investasi tersebut dapat saya tarik seluruhnya. Apakah ada solusi yg bagus untuk rencana saya ini? Terima kasih.

Alief Basara

[email protected]

 

 

Jawaban WF 19

Senang mendapat email dari Anda Mas Alief Basara. Sebelum menjawabnya, harus kita pisahkan dahulu pengertian antara menabung dan berinvestasi.  Menabung adalah menyisihkan uang/aset Anda untuk masa depan, sedang investasi adalah menumbuhkan uang/aset tersebut.

Pertanyaanya, dimanakah tempat berinvestasi yang dalam jangka waktu satu tahun bisa bertumbuh dan bisa Anda tarik dananya? Hal paling mendasar yang perlu Anda jawab adalah untuk apa Anda berinvestasi dalam jangka waktu satu tahun, setelah itu dananya Anda tarik serta apa yang mesti Anda lakukan dengan dana tersebut.

Sebelum berinvestasi, sudahkah Anda memiliki dana darurat, dana proteksi income dan dana kesehatan? Investasi pada dasarnya adalah ketika kita sudah punya dasar-dasar keuangan yang kokoh, dimana dengan berinvestasi yang tentunya memiliki resiko, tidak mengganggu cash flow Anda dan keluarga.  Berinvestasi artinya bertumbuh, disini melebihi uang yang Anda setorkan tiap bulan dan secara value (nilai), melebihi angka inflasi.

Jika untuk menabung, ada sebagian pendapat mengatakan menabung dalam bentuk deposito adalah investasi, tentulah bukan tempat yang bijak untuk menumbuhkan uang Anda.  Kalau aman, mungkin iya.  Karena menabung dalam bentuk deposito, bisa diambil dalam jangka tertentu dan bisa juga dalam jangka waktu satu tahun.

Bagaimana dengan reksadana atau produk-produk pasar finansial lainnya? Jika pertanyaannya apakah bisa ditarik setelah satu tahun, tentu bisa hanya pertumbuhannya standar-standar saja.

Bagaimana dengan emas? Dalam jangka waktu satu tahun, emas bisa diambil atau dicairkan, tetapi emas dalam jangka waktu satu tahun hanya sebatas hedging (lindung nilai) saja. Jadi, kesimpulannya semua produk-produk keuangan, baik aktiva riil maupun aktiva finansial, bisa ditarik setelah satu tahun. Mengenai pertumbuhannya tidak terlalu signifikan, kecuali ada hal khusus.

Misal ketika harga emas dunia jatuh pada level terendah, Anda beli dan berapa bulan kemudian, harga emas melonjak tajam, Anda akan dapat keuntungan signifikan. Selain tahu membedakan antara menabung dan investasi, juga harus bisa membedakan antara investasi dan spekulasi. Dimana yang paling baik dengan dengan dana Rp 6-7 juta, maka investasi terbaik adalah sektor riil, dengan catatan Anda paham risikonya.

Untuk belajar di sektor riil ini, carilah mentor atau pembimbing yang sudah berhasil usahanya dan mau berbagi dan membimbing Anda, sesuai dengan talenta dan keminatan Anda.

Selamat berinvestasi! 

Kolom ini diasuh oleh WealthFlow 19 Technology Inc., Motivation, Financial & Business Advisory (Lembaga Motivasi dan Perencana Keuangan Independen berbasis Sosial-Spiritual Komunitas)

SMS 0815 1999 4916 

twitter.com/h4r1soulputra

www.p3kcheckup.com

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement