Rabu 24 Aug 2011 12:54 WIB

Masalah Alergi, Kulit Gatal dan Membengkak

Kulit gatal/ilustrasi
Foto: Rosita/Republika
Kulit gatal/ilustrasi

Pertanyaan :

Assalammualaikum, saya Apri umur 23 tahun. Saya punya masalah dengan kulit gatal dan membengkak. Kejadian ini sudah 3-4 bulan di kost-an baru di pulo gadung. Sedangkan saya dulu tidak pernah mendapatkan hal ini. Kulit saya mulai gatal dan membengkak saat pagi dan malam. Saya berpikir ini karena serangga kecil; yang disebut tungau karena kamar saya di sebelah semak belukar dan saya suka membuka jendela saya. Apa ada pengaruh lain dok? Ada test alergi yang cocok tidak ya dok? Dan bagaimana cara mengobati hal ini.

Salam. - Apriyudi

Jawaban :

Salam kembali buat Mas Apriyudi, semoga sedang tidak gatal ya. Sesuai dengan kondisi yang diceritakan maka ruam karena gatal serta bengkak yang terjadi bisa disebabkan oleh karena kondisi lingkungan yang ada disekitar. Tetapi juga perlu ditelusuri kemungkinan riwayat keluarga, apakah ada yang memiliki alergi pada makanan atau minuman serta benda-benda tertentu.

Pada umumnya, bila gatal dan bengkak di seluruh badan dan bukan pada tempat tertentu sangat memungkin hal tersebut dikarenakan alergi sesuatu, sedangkan bila kondisi bengkak dan gatal hanya terjadi ditempat tertentu dapat dimungkinkan karena gigitan serangga. Untuk dapat mengetahui kemungkinan alergi sudah barangtentu perlu dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh termasuk melakukan test alergi.

Kegunaan test alergi ini adalah untuk dapat mengetahui dengan tepat zat yang menjadi penyebab timbulnya alergi. Biasanya test alergi dilakukan dalam serangkaian tindakan ,dengan menggunakan stimulus (rangsang pemicu) yang terdiri dari bermacam-macam alergen (zat yang menyebabkan reaksi alergi).

Beberapa langkah yang dapat dilakukan secara sederhana untuk mengindarkan alergi adalah dengan melakukan pembersihan lingkungan. Seperti membersihkan kamar dari debu, kemudian membuka jendela untuk mendapatkan sirkulasi udara dengan baik, apa bila perlu dengan kondisi lingkungan yang penuh dengan semak belukar bisa melakukan kerja bakti pembersihan.

Selain itu, gunakan baju tidur yang menutupi tubuh, selain dapat membantu menghangatkan tubuh atas potensi alergi dingin dimalam hari skelaigus menghindarkan diri dari gigitan serangga. Serta yang perlu dilakukan kemudian adalah dengan meminum obat anti alergi, nah untuk hal ini harus sesuai dengan resep dan anjuran dokter. Semoga dengan upaya untuk dapat menjaga kebersihan, dititik yang paling awal alergi bagi mas Apriyudi dapat diselesaikan. Bila berlanjut segera ke dokter, salam sehat. (US)

dr Untung Sudomo, SpPD

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement