Rabu 03 Dec 2025 17:48 WIB

Peringati Hari Disabilitas International, BSI Tingkatkan Layanan Ramah Difabel

Sebanyak 1.032 cabang BSI ramah bagi penyandang disabilitas.

Direktur Utama BSI Anggoro Eko Cahyo menyapa nasabah disabilitas di Kantor Pusat BSI The Tower Jakarta (3/12).
Foto: BSI
Direktur Utama BSI Anggoro Eko Cahyo menyapa nasabah disabilitas di Kantor Pusat BSI The Tower Jakarta (3/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) berkomitmen terus meningkatkan layanan yang dapat diakses seluruh nasabah termasuk penyandang disabilitas. Bertepatan dengan peringatan Hari Disabilitas International 2025, BSI menunjukkan layanan di cabang yang ramah disabilitas.

Layanan di cabang ini tersedia kursi roda, jalur landai ATM yang telah dilengkapi huruf Braille, toilet ramah penyandang disabilitas, layanan e-channel dan BSI Call 14040 yang responsif, serta mesin ATM yang telah dilengkapi huruf Braille.

Bertepatan dengan peringatan Hari Disabilitas International, Direktur Utama BSI Anggoro Eko Cahyo didampingi Direktur Retail Banking BSI Kemas Erwan Husainy dan SEVP Operations BSI Ana Nurul Khayati berkesempatan menyapa nasabah penyandang disabilitas di Kantor Pusat BSI di Jl Gatot Subroto Jakarta Selatan.

Sementara Wakil Direktur Utama Bob Tyasika Ananta dan SEVP Funding and Transaction BSI Ida Triana Widowati menyapa nasabah di kantor BSI Tower, Medan Merdeka Selatan Jakarta. Selain di Jakarta, peringatan hari disabilitas juga dilakukan seluruh kantor BSI, salah satunya dihadiri oleh Direktur Sales and Distribution BSI Anton Sukarna menyapa nasabah di kantor layanan di Bandung.

Selain menyapa, BSI memberikan apresiasi dalam bentuk tabungan dan souvenir hasil karya disabilitas kepada nasabah yang datang. Direksi juga menyapa pegawai disabilitas yang bekerja di BSI. Komitmen ini juga sejalan dengan upaya Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Nomor 10 yaitu berkurangnya kesenjangan.

Outlet Ramah Difabel

Anggoro Eko Cahyo mengatakan saat ini 100 persen outlet BSI atau sekitar 1.032 cabang ramah bagi penyandang disabilitas. Terdapat lantai landai untuk akses kursi roda serta toilet yang ramah disabilitas.

Sementara itu, 75 persen layanan ATM/CRM atau 4.500 mesin dilengkapi huruf Braille yang memudahkan nasabah penyandang tunanetra melakukan transaksi. BSI juga menyediakan e-channel BSI di antaranya BSI Call 14040, BYOND by BSI, BSI Net Banking maupun BSI Agen yang jumlahnya lebih dari 100 ribu agen di seluruh Indonesia yang mudah diakses nasabah.

"Kami mengucapkan selamat Hari Disabilitas Internasional bagi teman-teman disabilitas semoga tetap berdaya, berkarya, dan mandiri. BSI sebagai bank syariah yang inklusif bertekad untuk mendorong terus akselerasi layanan yang bisa diakses seluruh elemen nasabah termasuk teman-teman disabilitas,’’ kata Anggoro.

Anggoro menambahkan, saat ini BSI memberi kesempatan atau ruang berdaya bagi disabilitas untuk bekerja sesuai bidangnya. Saat ini sedikitnya 13 orang pegawai BSI tergolong penyandang disabilitas. "Kami juga punya UMKM disabilitas binaan bekerjasama dengan BSI Maslahat dan ekosistem BSI Agen. Harapan kami, BSI bisa menjadi sahabat finansial, sosial dan spiritual untuk menjadi mitra bagi seluruh stakeholders dengan layanan inklusif," kata dia.

BSI juga memiliki perhatian kepada penyandang disabilitas dengan setiap tahun menyediakan fasilitas mudik gratis bertepatan menyambut Idul Fitri. Akses kendaraan khusus ini mempermudah para penyandang disabilitas merayakan Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman dengan kendaraan khusus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement

Rekomendasi

Advertisement