REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Bank Mega Syariah mencatatkan pertumbuhan dana kelolaan Tabungan Haji lebih dari 15 persen per Maret 2025 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Jumlah nasabah juga meningkat lebih dari 4 persen dari Maret 2024.
Pertumbuhan ini didorong oleh meningkatnya kesadaran generasi muda Indonesia dalam merencanakan ibadah haji sejak dini. Per Maret 2025, nasabah Tabungan Haji dari Gen Z (usia 10–25 tahun) tumbuh 61,4 persen dibandingkan Maret 2024. Sementara nasabah dari Gen Y (usia 26–41 tahun) tumbuh lebih dari 17 persen dan Gen X (usia 42–57 tahun) naik lebih dari 5 persen secara tahunan.
Kontribusi nasabah dari Gen Z dan Gen Y terhadap total nasabah Tabungan Haji juga mengalami kenaikan dari 21,7 persen di Maret 2024 menjadi 24,5 persen pada Maret 2025.
“Kami terus berinovasi agar bisa hadir sesuai dengan cara hidup dan aspirasi masing-masing generasi. Gen Z dan Gen Y (milenial) cenderung menginginkan segala sesuatu yang instan, mudah, dan terintegrasi secara digital. Karena itu, kami menghadirkan solusi tabungan haji yang lebih praktis dan mudah langsung dari smartphone," ujar Veronica H. Sisilia, Product Development & Portfolio Management Division Head Bank Mega Syariah dikutip Selasa (22/4/2025).
Bank Mega Syariah melihat perbedaan preferensi antar generasi dalam mengelola keuangan. Gen Z yang akrab dengan teknologi dan tren membutuhkan layanan serba digital. Gen Y cenderung mencari promo dan mempertimbangkan masa depan dalam keputusan finansial, sementara Gen X lebih fokus pada kualitas layanan dan perencanaan berbasis investasi.
Untuk menjawab kebutuhan tersebut, Bank Mega Syariah menghadirkan kemudahan pembukaan Tabungan Haji secara digital melalui aplikasi *M-Syariah*, tanpa perlu ke kantor cabang. Aplikasi ini memungkinkan nasabah memantau saldo, menerima notifikasi rutin, dan melakukan simulasi rencana tabungan sesuai target keberangkatan.
“Ibadah haji adalah panggilan suci yang dapat dicapai oleh siapa saja, tanpa memandang usia atau status sosial. Ini sejalan dengan semangat kampanye GenHajj, Haji untuk Semua Generasi, yang digalakkan Bank Mega Syariah dalam memberi kemudahan berhaji bagi seluruh lapisan masyarakat," ungkap Veronica.
Strategi pendekatan komunitas juga diterapkan Bank Mega Syariah untuk memperluas jangkauan nasabah, termasuk komunitas keagamaan, sosial, dan profesional. Pendekatan ke segmen korporasi dilakukan dengan menawarkan Tabungan Haji ke karyawan dan ekosistem nasabah korporat di sektor pendidikan, kesehatan, dan sektor strategis lainnya.
Sebagai tambahan, Bank Mega Syariah menghadirkan program promosi berupa hadiah sajadah untuk setoran mulai dari Rp250 ribu, serta cash reward atau voucher belanja hingga Rp100 ribu untuk penempatan dana mulai Rp1 juta. Program ini berlaku untuk nasabah reguler maupun nasabah prioritas Mega First Syariah.