Jumat 19 Apr 2024 20:03 WIB

Pengumpulan Zakat Lewat Tokopedia Capai Rp 7,8 Miliar Sepanjang Ramadhan Lalu

Transaksi fitur zakat mal Tokopedia melonjak hampir 1,5 kali lipat di periode sama.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Lida Puspaningtyas
Pengguna mengakses aplikasi Tokopedia di Jakarta, Rabu (31/1/2024).
Foto: Dok Republika
Pengguna mengakses aplikasi Tokopedia di Jakarta, Rabu (31/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tokopedia menggandeng berbagai lembaga kemanusiaan selama Ramadhan lalu. Tujuannya agar masyarakat lebih mudah menjalankan ibadah sekaligus berbagi kebaikan, baik berupa zakat fitrah, wakaf, fidyah, zakat maal, maupun donasi.

“Tokopedia bekerja sama dengan sejumlah lembaga kemanusiaan. Termasuk Baznas, Lazis NU, Dompet Dhuafa, Rumah Yatim, Rumah Zakat dan masih banyak lainnya," ujar External Communications Senior Lead Tokopedia Rizky Juanita Azuz lewat keterangan resmi yang dikutip, Jumat (19/4/2024).

Baca Juga

Secara keseluruhan, kata dia, jumlah zakat dan donasi yang terkumpul di platform Tokopedia mencapai Rp 7,8 miliar lebih sepanjang bulan puasa lalu. Tokopedia pun mencatat antusiasme masyarakat dalam membayar zakat fitrah secara online melalui aplikasinya melonjak 3,5 lipat lebih selama empat hari jelang Idul Fitri 2024.

"Sedangkan jumlah transaksi pada fitur zakat mal lewat Tokopedia melonjak hampir 1,5 kali lipat di periode sama,” tuturnya.

Perlu diketahui, masyarakat yang telah membayar zakat melalui Tokopedia, akan mendapatkan Bukti Setor Zakat yang sudah disahkan oleh pemerintah guna mengurangi penghasilan kena pajak. 

Hal itu tertuang dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan zakat. Termasuk peraturan di bawahnya seperti Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 14 Tahun 2014 dan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2014 tentang zakat. Peraturan Dirjen Pajak Nomor 11 Tahun 2017 juga menegaskan zakat/sumbangan keagamaan yang bersifat wajib dapat dikurangkan dari penghasilan bruto sebagai penghitungan pajak.

Selain zakat fitrah, Tokopedia juga mencatat minat masyarakat dalam berbagi kebaikan melalui donasi masih sangat tinggi. Hal ini terbukti dari jumlah transaksi pada fitur Donasi melejit hampir dua kali lipat sepanjang Ramadan tahun 2024 dibandingkan periode Ramadhan pada 2023 lalu.

Hasil donasi pengguna disalurkan oleh mitra lembaga kemanusiaan terhubung untuk memenuhi kebutuhan Ramadan bagi masyarakat yang membutuhkan. Berkat donasi dari masyarakat melalui Tokopedia, para mitra lembaga kemanusiaan terhubung telah menyalurkan berbagai bantuan kepada masyarakat, mulai dari hidangan buka puasa untuk yatim dan dhuafa, parsel Lebaran, tunjangan hari raya, hingga perlengkapan ibadah.

Melalui kolaborasi dengan para mitra lembaga kemanusiaan, jelasnya, donasi dari masyarakat secara berkala terus menjangkau berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Aceh, Medan, DKI Jakarta, Bandung, Deli Serdang, Pekanbaru, Lombok Barat hingga Papua.

"Semoga donasi yang terkumpul dari masyarakat dapat membantu masyarakat Indonesia yang membutuhkan sekaligus menginspirasi lebih banyak masyarakat berbagi kebaikan dengan sesama,” jelasnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement