Senin 12 Feb 2024 07:12 WIB

Menikmati Wisata Susur Sungai Klias Wetland Sabah

Susur sungai menyuguhkan atraksi monyet dan keindahan alam.

Ilustrasi kegiatan susur sungai.
Foto:

Atraksi monyet

Kapal bermesin tempel dengan sederet kursi itu lantas diisi satu persatu oleh belasan rombongan asal Jakarta. Sesekali terdengar teriakan akibat adanya guncangan yang menyebabkan kapal kayu sedikit oleng saat penumpang hendak duduk sehingga takut terjatuh ke sungai.

Air sungai berwarna cokelat dengan dikelilingi pepohonan yang menjulang tinggi menjadi pusat perhatian pengunjung, pasalnya di situ terlihat seekor monyet dengan ekor panjang berwarna abu-abu yang menunjukkan eksistensi seakan menyalami wisatawan.

Menyusuri sungai lebih jauh dengan cuaca cerah yang mendukung perjalanan, terlihat seekor monyet dengan hidung bulat memanjang dengan perut buncit tengah asyik mengunyah makanan hasil perburuannya. Benar, sosok hewan itu adalah bekantan yang menjadi salah satu ikon tempat wisata di Jakarta Utara. Tak lama kemudian, monyet itu lantas berlari seakan malu dan kemudian menghilang menembus hutan. 

Di tengah perjalanan, sebuah kapal dengan rombongan yang berasal dari negara lain turut berjalan mengarah ke sebuah pepohonan yang nampak beberapa ekor bekantan, termasuk dua bekantan kecil yang asyik memanjat untaian ranting yang menggantung. Wisatawan-wisatawan itu lantas semringah, seakan puas melihat kawanan itu dari jarak yang cukup dekat.

Perjalanan kembali dilanjutkan, sejumlah satwa pun mulai menampakkan diri seperti burung rangkong atau enggang dengan paruh berbentuk tanduk sapi terlihat nangkring di atas pepohonan ditemani burung spesies lain. Suara-suara satwa itu menambah harmoni di hutan tersebut.

Tak ketinggalan, biawak pun turut menampakkan diri dengan menempel di sebuah pohon kelapa pada penghujung tur susur sungai itu. Satwa jenis lain yakni monyet daun perak yang berwarna abu-abu terlihat asyik mencari makan. Sekelompok satwa herbivora ini lantas berlarian dari satu pohon ke pohon lain seakan menunjukkan kelincahannya saat beratraksi di alam.

Melihat kunang-kunang....

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement