Sabtu 16 Dec 2023 11:54 WIB

Wisata Oseanarium Terbaru Dibuka di Bintaro

Hingga Maret 2024 sebanyak 25 ribu biota akan mengisi BXSea di kawasan Bintaro.

Pengunjung saat berwisata di BXSea, Bintaro, Tangerang Selatan, Jumat (15/12/2023). BXSea yang berada di Bintaro Exchange Mall 2 tersebut merupakan destinasi wisata edukasi untuk mengenal biota air beserta kehidupan di bawah laut. Wisata akuarium seluas 7.345 meter tersebut menghadirkan 140 spesies biota air dengan 54 display aquarium.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pengunjung saat berwisata di BXSea, Bintaro, Tangerang Selatan, Jumat (15/12/2023). BXSea yang berada di Bintaro Exchange Mall 2 tersebut merupakan destinasi wisata edukasi untuk mengenal biota air beserta kehidupan di bawah laut. Wisata akuarium seluas 7.345 meter tersebut menghadirkan 140 spesies biota air dengan 54 display aquarium.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN -- Bertepatan dengan momen libur akhir tahun, wahana wisata oseanarium dibuka di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan. BXSea resmi dibuka sejak Jumat (15/12/2023) untuk publik.

Penanggung Jawab BXSea, Sri Agung Agus, mengatakan wahaha edukasi dan hiburan ini menempati lahan seluas 7.354 meter persegi dengan 54 macam aquarium. Aquarium tersebut terdiri dari 44 untuk fresh water serta sea water dan 10 terarium.

Baca Juga

"Sampai akhir tahun ini ditargetkan 17 ribu biota sudah bisa dilihat di BXSea. Setelah airnya mature rencananya 25 ribu biota terdiri dari 140 spesies akan masuk di Maret 2023," terang Sri Agung.

BXSea mengusung tema keindahan Indonesia. Sri Agung menjelaskan ada kawasan-kawasan yang terinspirasi dari hutan hujan tropis Kalimantan, keindahan Raja Ampat, hingga area mangrove zone yang terinspirasi dari Teluk Jakarta. Untuk zona ubur-ubur, hewan yang diambil sebagian besar berasal dari perairan Indonesia.

"Kelebihan kami dibanding kompetitor di Barat dan Utara adalah salah satunya journey aquarium terpanjang di Indonesia," katanya. Terowongan acrylic BXSea juga termasuk yang terbesar di Asia Tenggara dengan lebar 2,8 meter dan tinggi 2,4 meter.

Baca juga: Akuarium BXSea Resmi Dibuka di Tangerang Selatan

BXSea menempati lokasi pusat perbelanjaan BXChange 2 yang baru dibuka. Wakil Dirut PT Jaya Real Properti Y Henky Wijaya mengatakan pembangunan BXChange mengusung konsep yang memadukan hiburan, gaya hidup, dan edukasi. Ia melihat saat ini masyarakat tidak hanya ingin berbelanja saat berkunjung ke mal. Namun juga memiliki kebutuhan untuk hiburan dan edukasi.

BXChange 2 yang dibuka dilengkapi pula dengan terowongan akses dari Stasiun Jurangmangu yang lokasinya persis di seberang pusat perbelanjaan tersebut. Menurutnya, gaya hidup masa depan mencakup kebutuhan akses bagi pengguna transportasi publik.

"Kami punya rencana membangun pula BXChange 3 dan 4. Kapan pastinya nanti dikabari. Tapi yang segera akan diresmikan juga adalah taman burung atau Aviary Park di BXChange 2. Rencananya tahun depan," kata Henky.

Pembelian tiket BXSea bisa dilakukan secara online atau datang langsung. Ada dua kategori pembelian tiket yaitu untuk short journey dan long journey. Harga tiket di hari kerja dan akhir pekan juga berbeda.

Untuk tiket short journey pembeli akan menjelajahi delapan area. Yaitu Main Lobby, Freedom of Sea, Freedom of Sea, Hide & Seek, Seahorse Empires, Exotic Fish, Schooling fish dan Shark Domination. Harga Rp 75 ribu di Senin-Jumat dan Rp 85 ribu untuk Sabtu-Ahad.

Sedangkan tiket long journey adalah untuk 20 area. Yaitu Main Lobby, Freedom of Sea, Freedom of Sea, Hide & Seek, Seahorse Empires, Exotic Fish, Schooling fish, Shark Domination, Tropical Beauty, Behind the Sea, Tropical rainforest, Mangrove Zone, Feel of Sea, King of River, Children's playground, Infinity Jellyfish, Function Room, The Sea Wonder, Theatre of Sea, dan Yellow Submarine. Harga Rp 150 ribu per orang untuk Senin-Jumat dan Rp 175 ribu per orang untuk Sabtu-Ahad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement