Jumat 15 Sep 2023 14:50 WIB

Dua Tahun Berjalan, Program Santri Developer Telah Luluskan 145 Siswa Pesantren

Program Santri Developer memperkuat literasi santri terkait keuangan dan properti

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Bank BTN dan NU Circle meresmikan pembukaan BTN Santri Developer Kebangsaan di Pondok Pesantren Khas Kempek, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (29/1).
Foto: Dok BTN
Bank BTN dan NU Circle meresmikan pembukaan BTN Santri Developer Kebangsaan di Pondok Pesantren Khas Kempek, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (29/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejak 2021, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) terus melakukan sinergi dengan berbagai institusi dan komunitas untuk peningkatan literasi tentang keuangan dan properti yang dilakukan atas kerja sama antara Bank BTN dengan NU Circle. Salah satunya adalah dengan menciptakan program santri developer di berbagai daerah. 

"Dengan program BTN Santri Developer para santri yang dianggap memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk memperolah pendidikan diberikan materi secara intensif selama satu minggu tentang pertanahan, perizinan, pembiayaan dan manajemen proyek perumahan. Santri juga diberikan materi langsung berupa site visit ke proyek perumahan agar lebih memperdalam pengetahuan yang telah diperoleh," ujar Corporate Secretary BTN Ramon Armando kepada Republika, Kamis (15/9/2023).

Setelah dua tahun berjalan, pada batch pertama, BTN Santri Developer bekerja sama dengan Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang Jawa Timur. Dihasilkan lulusan sebanyak 73 orang santri yang telah memperoleh berbagai materi untuk bagaimana menjadi developer perumahan.

Batch kedua dilaksanakan pada tahun 2022 bekerja sama dengan Pondok Pesantren Khas Kempek Cirebon. Jumlah lulusan program ini sebanyak 72 orang. 

"Santri mendapatkan materi secara langsung dari para praktisi dengan keahlian masing-masing di bidang pertanahan, perizinan, pembiayaan proyek dan manajemen proyek," ucapnya.

Diketahui, perumahan adalah sektor yang sangat defensif dan tahan banting. Hal ini terbukti ketika sektor usaha yang lain tertekan bahkan ada sektor usaha yang tumbuh negatif selama dan pasca pandemi Covid-19, bisnis properti adalah salah satu sektor usaha yang tetap tumbuh.

Oleh karenanya, sebagai lembaga intermediasi yang berfokus dalam pembiayaan perumahan dan sektor pendukungnya, Bank BTN terus berusaha bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan baik dan menjalankan fungsinya sebagai Lembaga intermediasi. Salah satu caranya adalah membuka peluang bekerjasama dengan sebanyak mungkin pengembang perumahan. 

Tentunya pengembang yang memahami seluk beluk perumahan, pengembang yang memiliki pengetahuan yang benar mengenai cara yang benar dalam mengembangkan perumahan.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement