Selasa 09 May 2023 17:28 WIB

Dubes Qatar Buka Peluang Kerja Sama Pendidikan dengan UGM

Banyak peluang kolaborasi riset yang bisa dikembangkan UGM dengan Qatar University.

Kampus UGM Yogyakarta.
Foto: Yusuf Assidiq
Kampus UGM Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Duta Besar Qatar untuk Indonesia HE Fawziya Edrees Salman Al-Sulaiti menemui Rektor Universitas Gadjah Mada di Gedung Pusat UGM, Senin (8/5/2023) terkait penyelenggaraan Qatar-Indonesia Year of Culture yang akan berlangsung di DIY pada bulan Juni mendatang. Selain itu, keduanya sepakat untuk menjajaki membangun peluang kerja sama antara UGM dengan Qatar University dalam bidang bidang pendidikan, riset dan pengabdian kepada masyarakat.

"Kedatangan beliau dalam rangala akan membangun kerja sama. Sebab kerja sama  UGM belum banyak dengan universitas di Qatar. Ada inisiatif dengan qatar university akan ditindaklanjuti dan langsung ditandatangani pada bulan juni mendatang. Pihak dari Qatar University akan datang ke sini," kata Direktur Kemitraan, Alumni dan Urusan Internasional UGM Puji Astuti kepada wartawan.

Menurut Puji, dalam pertemuan Dubes Qatar dengan Rektor UGM disepakati beberapa bidang kerja sama riset yang akan dikembangkan meliputi bidang ekonomi, sains, dan kesehatan. "Ada bidang ekonomi, sains dan bidang kesehatan," katanya.

Untuk sementara ini, kata Puji, Dubes meyakinkan bahwa ia akan menjembatani kerja sama UGM dengan Qatar University. Setelah itu pihaknya akan menggandeng beberapa kampus lainnya di Qatar untuk melakukan hal serupa. "Untuk pertama ini akan menggandeng pihak Qatar University," paparnya.

Rektor UGM pada pertemuan dengan Dubes menegaskan banyak peluang kolaborasi riset yang bisa dikembangkan antara UGM dengan Qatar University. Rektor menyebutkan di antaranya riset soal biomedis, energi terbarukan hingga keamanan pangan. “Banyak pilihan riset yang bisa dieksplorasi dan dikolaborasi. Saya kira nantinya pihak dari Qatar bisa menggandeng  beberapa negara lain yang tertarik pada tema riset terkait untuk bergabung sehingga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat dunia,” jelasnya.

Dubes Qatar dalam kesempatan itu menyambut baik soal kerja sama pendidikan antara UGM dengan Qatar University yang semakin memperkuat hubungan diplomatik antara Indonesia dan Qatar. Ia juga sepakat adanya kerja sama pendidikan dalam bentuk pengiriman tenaga pengajar dosen dan staf antar kedua universitas dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia masing-masing. “Banyak hal yang bisa diserap oleh mahasiswa lewat program pertukaran mahasiswa ini,” ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement