Kamis 04 May 2023 13:46 WIB

Memulai Aktivitas Setelah Libur Panjang Lebaran, Coba Kiat dari Psikolog

Psikolog bagikan kiat-kiat persiapkan diri menjalani rutinitas setelah libur panjang.

Psikolog klinis Veronica Adesla, MPsi, membagikan kiat-kiat mempersiapkan diri untuk kembali menjalani rutinitas setelah melewati liburan panjang.
Foto: www.freepik.com
Psikolog klinis Veronica Adesla, MPsi, membagikan kiat-kiat mempersiapkan diri untuk kembali menjalani rutinitas setelah melewati liburan panjang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Psikolog klinis Veronica Adesla, MPsi, membagikan kiat-kiat mempersiapkan diri untuk kembali menjalani rutinitas setelah melewati liburan panjang. Setelah melewati masa cuti hari raya Idul Fitri, masyarakat kini telah kembali menjalankan rutinitas masing-masing seperti bekerja, sekolah, dan sebagainya. 

Namun, setelah menghabiskan waktu berlibur, terkadang kita belum bisa menjalankan rutinitas secara maksimal. Veronica menjelaskan bahwa setelah berlibur kondisi tubuh manusia mengalami kelelahan. Selain itu, tubuh juga membutuhkan penyesuaian untuk kembali beradaptasi dengan ritme rutinitas setelah liburan yang tentunya memiliki ritme berbeda ketika berlibur. 

Baca Juga

Sedangkan secara psikis, perasaan seseorang bisa mengalami rasa sedih, malas, dan kurang bersemangat karena dan tidak rela meninggalkan liburan dan masih terbawa euforia suasana liburan. Namun, menurut dia, kondisi ini wajar terjadi dan hanya bersifat sementara.

"Kondisi (tubuh dan psikis setelah liburan) ini normal dialami sehabis liburan panjang dan umumnya bersifat sementara (selama) beberapa hari," kata Veronica melalui pesan singkat, dikutip Kamis (4/5/2023).

Setelah menjalani masa liburan, lanjut dia, tubuh dan pikiran butuh waktu transisi untuk menyesuaikan diri sebelum kembali menjalankan rutinitas sehari-hari. Dia menganjurkan beberapa kegiatan yang bisa mendorong proses penyesuaian tubuh dan pikiran untuk kembali terbiasa menjalani rutinitas sehari-hari setelah liburan antara lain:

1. Meluangkan waktu satu sampai dua hari di rumah sebelum kembali beraktivitas untuk merapikan rumah tempat tinggal dan beristirahat yang cukup.

2. Mengatur jadwal bertemu dan terkoneksi kembali dengan teman-teman dekat, untuk saling berbagi pengalaman dan perasaan.

3. Mengatur jadwal untuk mencoba sesuatu hal yang baru dan menyenangkan untuk dilakukan.

4. Menjalankan kembali pola hidup sehat dengan cara menjaga pola makan sehat dan membiasakan berolahraga yang cukup.

5. Mengatur jadwal kegiatan, membuat daftar rencana kegiatan yang akan dilakukan (to do list), atau membuat perencanaan untuk agenda liburan berikutnya.

 

Salah satu pendiri Ohana Space itu juga mengimbau untuk memulai rutinitas dengan kegiatan-kegiatan kecil dan sederhana terlebih dahulu secara bertahap dan ciptakan energi positif melalui kegiatan yang menyenangkan.

"Tidak harus sesuatu hal yang besar, hal kecil pun bisa menyenangkan seperti jogging, nonton film baru yang seru, atau berkumpul bersama teman. Sambil mempersiapkan diri untuk liburan berikutnya, mari menjalankan aktivitas rutinitas sehari-hari dengan sepenuh hati," kata Veronica.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement