Selasa 18 Apr 2023 12:35 WIB

IOS 17 akan Tiru Fitur Terbaik Android, Apa Saja?

iOS 17 dirumorkan memiliki fitur yang memungkinkan dilakukannya sideloading apps.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Apple akan memperkenalkan iOS 17 dengan macOS 14, iPadOS 17, serta pembaruan watchOS 10 yang signifikan dalam WWDC 2023./ilustrasi
Foto: AP
Apple akan memperkenalkan iOS 17 dengan macOS 14, iPadOS 17, serta pembaruan watchOS 10 yang signifikan dalam WWDC 2023./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Worldwide Developers Conference (WWDC) 2023 diprediksi akan menjadi momen bagi Apple untuk memperkenalkan iOS 17. Berbeda dengan sistem operasi seluler Apple sebelumnya, iOS 17 dirumorkan akan memiliki fitur yang memungkinkan dilakukannya sideloading apps.

Seorang jurnalis teknologi Mark Gurman mengonfirmasi bahwa Apple akan memperkenalkan iOS 17 dengan macOS 14, iPadOS 17, serta pembaruan watchOS 10 yang signifikan dalam WWDC 2023.

Baca Juga

Menurut Gurman, iPADOS dan iOS kemungkinan tak akan mendapatkan banyak tambahan fitur baru. Akan tetapi, Apple akan membawa sedikit perbaikan yang selama ini dinantikan oleh para pengguna.

Gurman mengatakan Apple juga akan mendapatkan sorotan besar karena melakukan sebuah perubahan pada iOS, seperti dilansir GizChina, Selasa (18/4/2023). 

Perubahan yang hadir dalam iOS 17 ini akan memungkinkan pengguna untuk melakukan sideloading apps pada ponsel mereka.

Secara umum, sideloading apps berarti menginstall atau memasang aplikasi yang berasal dari pihak ketiga, bukan dari retailer resmi. Pada ponsel Android, sideloading apps baru bisa dilakukan bila pengguna telah memberikan izin kepada ponsel untuk memasang aplikasi dari sumber yang tak diketahui pada menu Pengaturan Keamanan atau Security Setting.

Perubahan signifikan pada iOS 17 ini mungkin dilakukan oleh Apple untuk menghadapi perubahan aturan di Uni Eropa melalui Digital Markets Act. Aturan yang akan diterapkan pada 2024 memaksa Apple untuk mengizinkan penggunaan aplikasi dari pihak ketiga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement