Sabtu 01 Apr 2023 16:22 WIB

Kronologi Avsec Bandara Soekarno-Hatta Kawal dan Cium Tangan Bahar Smith Hingga Dipecat

Tiga oknum avsec non-organik telah melakukan pelanggaran SOP

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Teguh Firmansyah
Bahar bin Smith mendapat kawalan avsec Bandara Soekarno-Hatta
Foto: Tangkapan Layar Twitter
Bahar bin Smith mendapat kawalan avsec Bandara Soekarno-Hatta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa hari terakhir viral di media soal Habib Bahar bin Smith mendapat kawalan dari petugas bandara. Petugas itu bahkan tampak cium tangan Bahar bin Smith. 

PT Angkasa Pura II angkat bicara. Pihak Angkasa Pura menegaskan bahwa setiap aviation security harus selalu mematuhi Prosedur Operasi Standar (Standard Operating Procedure/SOP).

SOP dari Petugas avsec adalah memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan dengan menjalankan pemeriksaan terhadap barang dan orang.

AP II telah mengetahui bahwa terdapat tiga oknum avsec non-organik telah melakukan pelanggaran SOP dan tindakan indisipliner saat bertugas di Bandara Soekarno-Hatta pada Jumat, 3 Maret 2023. 

“Ketiga avsec melakukan pelanggaran berat, yakni meninggalkan area kerja tanpa melapor ke atasan langsung, lalu melakukan penjemputan dan pendampingan terhadap penumpang, di mana ini bukan SOP dari Avsec. Tindakan ini  merupakan pelanggaran SOP berat dan sangat tidak dibenarkan karena dapat menimbulkan dampak terkait aspek keamanan yang tidak kita semua inginkan,” ujar SM of Branch Communications & Legal Bandara Soekarno-Hatta M. Holik Muardi. 

Atas pelanggaran terhadap SOP dan tindakan indisipliner ini, kemudian diambil tindakan tegas dengan memberikan sanksi terberat sesuai perjanjian kerja kepada ketiga avsec tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement