Jumat 17 Mar 2023 12:56 WIB

Menkeu AS Sebut Sistem Perbankan Sehat, Tapi tidak Seluruh Simpanan Diasuransikan

Nasabah bank gagal miliki deposito sebesar 175 miliar dolar AS.

Rep: Novita Intan/ Red: Lida Puspaningtyas
 Menteri Keuangan Janet Yellen bersaksi di depan Komite Keuangan Senat tentang permintaan anggaran yang diusulkan Presiden Joe Biden untuk tahun fiskal 2024, Kamis (16/3/2023), di Capitol Hill di Washington.
Foto: AP Photo/Jacquelyn Martin
Menteri Keuangan Janet Yellen bersaksi di depan Komite Keuangan Senat tentang permintaan anggaran yang diusulkan Presiden Joe Biden untuk tahun fiskal 2024, Kamis (16/3/2023), di Capitol Hill di Washington.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Menteri Keuangan Janet Yellen berupaya meyakinkan pasar dan anggota parlemen bahwa pemerintah federal berkomitmen untuk melindungi simpanan bank Amerika Serikat. Hal ini menyusul kegagalan Silicon Valley Bank dan Signature Bank selama akhir pekan.

“Sistem perbankan kami tetap sehat dan orang Amerika dapat merasa yakin bahwa simpanan mereka akan tersedia saat mereka membutuhkannya,” kata Yellen seperti dilansir dari laman CNBC, Jumat (17/3/2023).

Baca Juga

Yellen mengakui bahwa tidak semua deposan akan dilindungi atas batas asuransi FDIC sebesar 250 ribu dolar AS per rekening seperti yang mereka lakukan bagi pelanggan dari dua bank yang gagal.

Yellen berupaya untuk memulihkan simpanan bagi pemegang rekening di dua bank yang gagal, SVB yang berbasis di California dan Bank Tanda Tangan crypto-heavy, yang berbasis di New York.

Mayoritas pelanggan SVB merupakan perusahaan teknologi kecil, perusahaan modal ventura, dan pengusaha yang menggunakan bank pengelolaan kas sehari-hari untuk menjalankan bisnis mereka. Nasabah tersebut memiliki deposito sebesar 175 miliar dolar AS dengan puluhan juta di rekening individu. 

Itu meninggalkan SVB dengan salah satu bagian tertinggi dari simpanan yang tidak diasuransikan di negara itu ketika runtuh, dengan 94 persen dari simpanannya mendarat di atas batas asuransi 250 ribu dolar AS FDIC, menurut data Intelijen Pasar Global S&P dari 2022.

Regulator bank Amerika Serikat. mengumumkan rencana untuk mengasuransikan sepenuhnya semua simpanan dua bank yang gagal, termasuk yang di atas batas 250 ribu dolar AS yang dicakup oleh asuransi FDIC tradisional. Perlindungan tambahan akan dibayarkan dari dana khusus yang terdiri dari biaya yang dikenakan pada semua institusi yang diasuransikan FDIC.

Selain itu, Federal Reserve melonggarkan pedoman pinjamannya bagi bank yang mencari pendanaan jangka pendek melalui apa yang disebut jendela diskon. Itu juga mendirikan fasilitas tak terbatas terpisah untuk menawarkan pinjaman satu tahun dengan persyaratan yang lebih longgar dari biasanya untuk menopang bank-bank bermasalah yang menghadapi lonjakan penarikan tunai. Kedua program tersebut dibayar melalui biaya industri, bukan oleh pembayar pajak, tegas pemerintahan Biden.

“Ini akan membantu lembaga keuangan memenuhi kebutuhan semua deposan mereka. Tindakan minggu ini menunjukkan komitmen tegas kami untuk memastikan bahwa simpanan para deposan tetap aman,” kata Yellen.

Demokrat dan Republik di Kongres sebagian besar mendukung tindakan darurat yang diambil dalam seminggu terakhir. Tetapi dengan pasar agak pulih, anggota parlemen mempertanyakan Yellen tentang apakah backstop untuk bank-bank besar akan menjadi norma baru, dan apa artinya bagi pemberi pinjaman komunitas.

“Saya prihatin dengan preseden penjaminan semua simpanan dan ekspektasi pasar bergerak maju,” kata Senator Mike Crapo, R-Idaho, anggota peringkat komite.

Senator Republik James Lankford dari Oklahoma menekan Yellen tentang seberapa luas backstop deposit yang tidak diasuransikan akan berlaku di seluruh industri perbankan.

“Apakah simpanan di setiap bank komunitas di Oklahoma, terlepas dari ukurannya, akan diasuransikan sepenuhnya sekarang? Apakah mereka akan mendapatkan perlakuan yang sama seperti yang baru saja diterima SVB, atau yang baru saja didapatkan oleh Signature Bank?” tanya Lankford.

Simpanan yang tidak diasuransikan, katanya, hanya akan ditanggung jika kegagalan untuk melindungi deposan yang tidak diasuransikan akan menimbulkan risiko sistemik dan konsekuensi ekonomi dan keuangan yang signifikan.

Lankford mengatakan dampak dari standar ini adalah bank kecil akan kurang menarik bagi deposan dengan lebih dari 250 ribu dolar AS, ambang batas asuransi FDIC.

Anggota Kongres saat ini sedang mempertimbangkan sejumlah proposal legislatif yang dimaksudkan untuk mencegah kegagalan jenis berikutnya. Salah satunya terkait peningkatan batas asuransi FDIC sebesar 250 ribu dolar AS, yang diminta oleh beberapa anggota parlemen senior Demokrat setelah keruntuhan SVB.

Menyusul krisis keuangan 2008, Kongres menaikkan batas FDIC dari 100 ribu dolar AS menjadi 250 ribu dolar AS dan menyetujui rencana bank-bank besar berkontribusi lebih banyak pada dana asuransi daripada pemberi pinjaman yang lebih kecil. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement