Kamis 16 Mar 2023 13:00 WIB

4 Tips Merawat Dipan agar Lebih Tahan Lama

Dengan dipan, kasur bisa mendapatkan sirkulasi udara yang baik

Dipan merupakan perabot kamar tidur yang berfungsi untuk menopang kasur.
Foto: Ruparupa
Dipan merupakan perabot kamar tidur yang berfungsi untuk menopang kasur.

REPUBLIKA.CO.ID, Dipan merupakan perabot kamar tidur yang berfungsi untuk menopang kasur. Dengan dipan, kasur bisa mendapatkan sirkulasi udara yang baik sehingga baik buat kesehatan. 

Salah satu jenis dipan yang umum digunakan adalah dipan metal. Dipan metal terkenal kokoh dan kuat menampung beban. Nah, biar lebih tahan lama, simak cara merawat dipan metal berikut ini:

 

1. Lap dipan metal secara rutin

Dipan metal mudah sekali dihinggapi debu dan kotoran. Jadi, pastikan menyekanya secara rutin dengan kain yang kering dan lembut. Bisa juga menggunakan penyedot debu untuk membersihkan rangka dipan secara menyeluruh.

2. Hindari cairan pembersih berbahan kimia keras

Cairan satu ini mengandung bahan kimia yang bisa merusak lapisan dinding. Bila ada noda membandel yang sulit dibersihkan, bisa membersihkannya menggunakan air hangat dan sabun. Selain itu, juga dapat membuat pembersih sendiri dari bahan-bahan alami di rumah, seperti cuka, garam, dan lemon.

3. Bersihkan karat segera dengan amplas

Kalau dipan sudah berkarat, bisa membersihkannya dengan memakai sikat. Lakukan secara perlahan agar tidak merusak dipan. Setelah itu, gunakan sabut baja atau kertas amplas untuk menghaluskan rangka dipan.

4. Jauhkan dipan metal dari panas

Metal adalah bahan konduktor yang dapat menghantarkan panas. Maka dari itu, jauhkan dipan metal dari sumber panas apa pun karena bisa merusak lapisan dipan. Bahkan, bisa membuat pengguna merasa gerah saat beristirahat.

Nah, itu dia beberapa cara merawat dipan metal yang wajib diketahui. Berbagai model dipan bisa dibeli melalui toko resmi online INFORMA di ruparupa.

Di sini, pembeli juga bisa menemukan berbagai  perlengkapan tidur lainnya, dari spring bed, bantal, dan guling. 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement