Ahad 05 Feb 2023 01:28 WIB

Jelang Ramadhan, Ini Cara Jitu Atur Keuangan Keluarga

Pengeluaran saat Ramadhan dan Lebaran biasanya lebih tinggi.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Pengunjung berbelanja berbagai jenis bahan pangan pokok di pasar tradisional. Saat Ramadhan dan Lebaran biasanya pengeluaran keluarga lebih tinggi/ilustrasi.
Foto: ANTARA/Ampelsa
Pengunjung berbelanja berbagai jenis bahan pangan pokok di pasar tradisional. Saat Ramadhan dan Lebaran biasanya pengeluaran keluarga lebih tinggi/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Tak terasa bulan suci Ramadhan sudah sebentar lagi. Momen yang ditunggu-tunggu umat Muslim berbondong-bondong mencari pahala. Namun, sebelum Ramadhan datang, ada baiknya Anda mempersiapkan dana.

Meskipun merasa pengeluaran lebih sedikit saat Ramadhan, kenyataannya tidak seperti itu. Tak jarang Anda bisa mengeluarkan pengeluaran lebih dari biasanya untuk membeli makanan karena lapar mata atau berbelanja untuk buka puasa.

Baca Juga

Terlebih, menjelang lebaran, pengeluaran pasti bertambah karena banyak yang dipersiapkan untuk momen kemenangan. Oleh karena itu, sebelum Ramadhan tiba, ada baiknya Anda menyiapkan dana. Berikut tipnya seperti dirangkum Republika.co.id:

1.Kurangi pengeluaran yang tidak penting

Ada beberapa pengeluaran yang sebenarnya bisa Anda setop. Misal, kebiasaan ngopi di kafe. Pengeluaran ngopi di kafe tentu lebih mahal dibandingkan menyeduh kopi sendiri di rumah.

 

Jika Anda merasa ada kebutuhan yang tidak terlalu mendesak, Anda bisa urungkan niat untuk membeli. Cari alternatif lain yang lebih murah atau tidak mengeluarkan uang agar uangnya bisa disimpan untuk keperluan Ramadhan.

 

2.Menabung                                                   

Sebenarnya, menabung tidak hanya dilakukan untuk momen-momen tertentu. Kebiasaan ini bisa dilakukan tiap bulan. Menabung bisa menjadi cara jitu untuk menyiapkan pengeluaran saat Ramadhan. Namun, perlu dicatat, jangan sampai menabung membuat Anda tidak bisa mencukupi kebutuhan pokok sehari-hari ya.

 

3.Buat anggaran untuk Ramadhan

Perlu diketahui berapa banyak yang dapat Anda belanjakan selama Ramadhan. Jumlah itu adalah anggaran untuk makanan, pakaian, hadiah, hiburan, dan sumbangan. Selama Ramadhan, usahakan tetap berpegang pada anggaran Anda. Coba untuk membuat anggaran sesuai dengan pemasukan Anda.

 

4.Sedekah

Jangan lupa selalu bersedekah. Sisihkan sebagian rezeki yang Anda terima. Dalam beberapa hadits, Rasulullah selalu menganjurkan umatnya untuk bersedekah.

“Sedekah terbaik adalah yang engkau keluarkan masih sehat dari harta yang kau sayangi, engkau takut miskin dan ingin kaya. Jangan tunda sedekah hingga nyawa di tenggorokan lalu engkau berkata ‘Berikan ini pada Dulan dan ini pada si Fulan,’ Walaupun harta itu memang hak si Fulan,” (HR Bukhari dan Muslim). 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement