Ahad 12 Dec 2021 14:04 WIB

10 Manfaat Digital Marketing Terbaik dalam Membangun Bisnis

Menggunakan digital marketing di dalam bisnis sangat layak untuk dipertimbangkan.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
10 Manfaat Digital Marketing Terbaik dalam Membangun Bisnis
10 Manfaat Digital Marketing Terbaik dalam Membangun Bisnis

Perkembangan teknologi internet sudah menyentuh dunia bisnis sejak lama. Banyak perubahan positif yang terjadi dalam layanan bisnis, sebab internet memang membuat akses informasi yang lebih mudah dan cepat bagi para pelaku bisnis itu sendiri. 

Jika kamu termasuk pelaku bisnis, tentu sudah tidak asing lagi dengan layanan digital marketing yang belakangan ini sudah semakin banyak digunakan. Digital marketing merupakan sistem pemasaran berbasis online, di mana kamu bisa bertemu dengan para calon konsumen dengan lebih praktis dan cepat. 

Sistem ini  sudah sangat banyak digunakan oleh para pebisnis, bahkan sejak tahun 2014 silam sudah mengungguli layanan iklan televisi dan juga jaringan TV kabel lainnya. 

Dengan melihat kenyataan ini, menggunakan digital marketing di dalam bisnis tentu sangat layak untuk dipertimbangkan. Berikut ini beberapa manfaat terbaik dari digital marketing yang bisa dinikmati di dalam bisnis.

 

1. Mempertemukan konsumen secara online

konsumen

Mempertemukan konsumen secara online

Mencari iklan bukan lagi hal yang lazim dilakukan belakangan ini. Pada umumnya, kebanyakan orang akan menemukan produk yang mereka butuhkan melalui platform yang biasa mereka gunakan, termasuk media sosial dan yang lainnya. 

Penggunaan channel yang tepat sasaran dalam digital marketing akan memungkinkan kamu lebih mudah untuk bertemu dengan konsumen produk. Kamu bisa menyasar konsumen yang tepat dalam waktu yang cepat.

2. Menciptakan angka penjualan yang maksimal

Sistem pemasaran digital juga memungkinkan kamu menjangkau pasar yang lebih luas, bahkan tidak terbatas. Hal ini akan membuat kamu memiliki kesempatan besar untuk mendapatkan angka penjualan yang paling maksimal. Bahkan, bisa mendapatkan keuntungan yang tinggi dari bisnis yang dijalankan.

Baca Juga: Marketer, Simak Marketing Technology dan Manfaatnya yang Wajib Dikuasai

3. Menghemat biaya pemasaran

Meski menggunakan sistem digital yang modern, penggunaan sistem pemasaran ini justru bisa menghemat pengeluaran bisnis. Kamu tidak akan membutuhkan banyak tenaga untuk memasarkan produk, bahkan meski sudah menjangkau pasar yang lebih luas. 

Kondisi ini akan memungkinkan kamu menekan biaya bisnis, sementara di lain sisi kamu mendapatkan peningkatan penjualan dan keuntungan dari bisnis tersebut. 

4. Meningkatkan layanan bagi konsumen real-time

Sistem digital marketing akan memungkinkan kamu bertemu dengan konsumen real-time yang pada umumnya menginginkan layanan cepat. Kondisi ini akan membuat kamu memiliki peluang besar mendapatkan pasar yang lebih luas, termasuk proses penjualan yang jauh lebih cepat dan efisien. 

Kamu bisa berinteraksi langsung dan membuat konsumen mendapatkan pelayanan terbaik, sehingga mereka tetap loyal untuk jangka panjang. 

5. Menjangkau pengguna smartphone

Tingginya angka pengguna smartphone merupakan pasar yang sangat menjanjikan untuk bisnis. Bukan hanya di tanah air, penggunaan smartphone sebagai akses informasi utama terbilang merata di seluruh dunia. 

Digital marketing akan memungkinkan kamu menjangkau konsumen yang luas dalam segmen ini. Kamu bisa mendapatkan konsumen dan penjualan yang lebih banyak dalam waktu yang cepat.

6. Menciptakan keuntungan yang lebih besar

Keuntungan

Menciptakan keuntungan yang lebih besar

Di dalam prakteknya, konsumen yang melakukan pembelian online biasanya akan menjadi loyal setelah pembelian pertamanya. Konsumen seperti ini akan melakukan pembelian kembali dalam jumlah yang lebih banyak, bahkan bisa mencapai 4 kali lipat dari jumlah pembelian pada umumnya. 

Kondisi seperti ini akan menjadi keuntungan tersendiri, sebab bisa meningkatkan keuntungan di dalam bisnis tersebut. 

7. Meningkatkan ROI 

Saat kamu menggunakan layanan digital marketing, maka biaya pemasaran bisnis bisa ditekan. Jumlah biaya pemasaran yang dibutuhkan akan jauh lebih kecil, jika dibandingkan dengan menggunakan layanan pemasaran konvensional. 

Semua ini akan berpengaruh pada kondisi keuangan bisnis, dimana kamu bisa meningkatkan jumlah keuntungan (ROI) secara keseluruhan.

8. Membantu memenangkan persaingan pasar

Penggunaan layanan digital marketing juga bisa membantu kamu tetap eksis di dalam dunia bisnis yang digeluti. Kamu bisa menggunakan channel yang paling tepat untuk pasar yang sesuai dengan produk, sehingga konsumen tetap bisa terhubung dengan baik. Semua ini akan membantu kamu mengatasi ketatnya persaingan di dalam bisnis yang dijalankan tersebut. 

Baca Juga: Sebelum Memutuskan Pakai, Tengok Dulu Jenis dan Biaya Layanan Jasa Digital Marketing

9. Mendukung bersaing dengan brand ternama 

Bukan hanya memenangkan persaingan di antara bisnis yang sekelas dengan bisnis saja, digital marketing juga akan memungkinkan kamu memenangkan persaingan yang lebih besar, bahkan untuk produk dengan brand ternama sekalipun.

10. Membantu menyambut Era Internet of Things

Era Internet of Things akan segera dimulai, dimana berbagai perangkat berbasis internet akan sangat diandalkan. Digital marketing akan membantumu dalam menyambut era modern dan canggih ini, sehingga aktivitas bisnis kedepannya tetap berjalan dengan lancar dan menghasilkan.

Manfaatkan Layanan Pemasaran Digital Secara Maksimal

Penggunaan layanan digital marketing menjadi salah satu solusi kesuksesan bisnis. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari layanan praktis dan cepat ini. Manfaatkan layanan marketing di dalam bisnis yang dijalankan, sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan maksimal dan masa depan bisnis yang lebih menjanjikan.

Baca Juga: Ini Cara Digital Marketing dalam Meningkatkan Bisnis

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement