Kamis 28 Aug 2014 11:54 WIB

Gigi Belakang Patah

Gigi Sensitif (Ilustrasi)
Gigi Sensitif (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, gigi bagian belakang saya nampaknya patah sebagian dan menjadi berlubang menghitam kalau dilihat menggunakan kaca, kerap kali pula terasa ngilu dan sakit, tapi bila dilihat keseluruhan nampak masih baik, apa yang seharusnya dilakukan dok? Dicabut atau ditambah saja?

Andri (28 tahun)

Jawaban:

Salam kenal Andri, terima kasih atas pertanyaannya. Mengenai keluhan Andri pada gigi yang sudah berlubang pada bagian belakang tentunya dilihat dahulu gigi yang mana.

Apabila gigi tersebut adalah gigi geraham bungsu karena alasan tidak ada fungsinya, susah untuk dibersihkan atau sulit dilakukan perawatan saraf gigi (Endodontic Treatment) sebaiknya gigi tersebut dilakukan pencabutan. Namun jika yang terjadi pada geraham pertama atau kedua tentunya harus dilakukan pemeriksaan lebih seksama dibantu dengan roentgen foto untuk melihat dalamnya kerusakan atau lubang sampai seberapa dalam.

Jika sudah mengenai ruang saraf gigi sebaiknya dilakukan perawatan Endodontic atau dilakukan pencabutan. Namun jika masih jauh dari ruang saraf gigi dapat dilakukan penambalan.

Untuk lebih jelasnya Andri untuk berkonsultasi langsung ke dokter gigi langganan Andri untuk pemeriksaan lebih lanjut. Semoga dapat menjawab pertanyaan dari Andri. Salam Senyum Sehat.

drg Samdharu P. Mphil, SpProst

Spesialis Kesehatan Gigi & Mulut di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement