Rabu 20 Aug 2014 13:00 WIB

Urin Berwarna Merah

Tes Urine (ilustrasi)
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Tes Urine (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya perempuan (26) dengan anak satu, kondisi yang saya alami saat ini adalah rasa nyeri pasca BAK (buang air kecil), terasa panas sampai suatu saat air seni berubah agak kemerahan, setelah itu saat minum air banyak dan warna air seni normal kembali tapi rasa nyeri, termasuk berulangkali ingin BAK namun keluar sedikit sedikit, apa ya dok?

Sadiah

Jawaban:

 

Salam bu Saidah, apa yang dikluhkan seperti yang dirasakan dalam penyampaian ibu yakni nyeri dan panas saat BAK sampai dengan warna urin kemerahan, maka identifikasi kondisi ini sangat khas untuk infeksi saluran kemih.

Biasanya keluhan akan urin yang berwarna kemerahan akan berkurang dengan konsumsi banyak minum namun nyeri dan panas tidak mereda. ‎Namun demikian ada baiknya ibu juga perlu mewaspadai adanya batu saluran kemih

‎Sebaiknya segera ibu memeriksakan lab urine dan USG untuk memastikan penyakit yang ibu derita. Sebagai pertolongan pertama ibu dapat mengkonsumsi obat pereda nyeri. ‎Jika memang infeksi maka perlu diberikan antibiotik, jika terdapat batu saluran kemih maka terapi bergantung pada letak dan ukuran batu.

Demikian yang dapat dijelaskan, semoga dapat segera ditangani dengan hasil yang terbaik, salam.

dr Nugroho Budi Utomo, SpU

Spesialis Urologi di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement