Rabu 13 Aug 2014 07:57 WIB

Sulit Bernafas Saat Lari

Berlari (Ilustrasi)
Foto: allpostersimages
Berlari (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya mulai kembali berolahraga khususnya lari, tapi sekarang sulit untuk bisa bernafas dalam saat berlari hal itu membuat saya nampak kepayahan, apa memang kapasitas paru-paru bisa berkurang karena faktor umur ya dok? Apa yang harus dilakukan? Terima kasih.

Kiki (33 tahun)

Jawaban:

Salam untuk Kiki, terima kasih banyak atas pertanyaan nya. Dalam keadaan normal fungsi paru/ kapasitas paru akan mengalami penurunan secara lambat dengan bertambahnya usia. Hal tersebut terjadi mulai usia 30-35 tahun, namun penurunan tersebut akan dipercepat pada keadaan tertentu (misalnya perokok, penyakit paru obstruktif kronik, pada penyakit Asma yang sering kambuh dan lain-lain).

 

Fungsi paru dapat lebih baik kapasitasnya dengan olah raga yang baik dan rutin. Jika Kiki biasa berolah raga dan berhenti olah raganya tidak terlalu lama, kemudian mulai lagi berlari, seharusnya tidak akan banyak menimbulkan keluhan, hanya perlu waktu adaptasi.

Namun jika dirasakan ada keluhan yang menimbulkan kepayahan, sebaiknya di cek fungsi paru nya dan diperiksa apakah ada hal/penyakit yang menyebabkan keluhan tersebut. Semoga hanya karena periode beradaptasi karena kembali berlari ya. Demikian yang dapat saya jelaskan, semoga dapat dipahami dan bermanfaat. Salam.

dr. Zubaedah, Sp.P, MARS

Spesialis Kesehatan Paru-Paru di RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement