Senin 11 Aug 2014 09:55 WIB

Mata Terasa Berpasir

Kebersihan mata perlu dijaga
Kebersihan mata perlu dijaga

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya seringkali merasa ada yang mengganjal didalam kelopak mata, tetapi tidak ada hal yang aneh seperti debu dll, tapi tetap terasa berbeda, apa benar mencuci mata pakai gelas cuci mata itu diperbolehkan dok? Karena tetes mata tidak mengurangi ganjalan dimata, terima kasih.

Didi (36 tahun)

Jawaban:

 

Semoga sehat selalu ya Pak Didi, dari apa yang disampaikan maka termasuk hal yang umum, dalam hal ini berbagai penyebab yang menimbulkan efek seperti kondisi ganjalan dimata.

Seperti diantaranya terdapat gumpalan lemak yang membatu atau litiasis dapat menimbulkan perasaan berpasir. Selain itu memang terdapat debu ataupun sisa kotoran yang berada diudara disekeliling lingkungan kita yang menempel dipermukaan mata sehingga terasa perih dan mengganjal.

Selain itu, penurunan fungsi kelenjar meibom juga dapat menimbulkan keluhan yang sama, tentu dalam hal ini perlu dilakukan observasi fisik untuk dapat menangani problem yang mengemuka. Hal yang pertama dilakukan adalah jangan mengucek mata karena dapat menyebabkan infeksi lebih lanjut.

Penggunaan tetes obat dapat dilakukan sesuai anjuran pemakaian dan sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter anda untuk dapat melihat masalah yang timbul beserta dengan tindakan yang sebaiknya dilakukan sesuai dengan gejala tersebut, demikian dan terima kasih Pak Didi. Salam.

dr Nurwany, SpM

Spesialis Kesehatan Mata di RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement