Ahad 10 Aug 2014 09:40 WIB

Kulit Mudah Kering

Perawatan kulit wajah. (ilustrasi)
Foto: www.pakarbedahplastik.com
Perawatan kulit wajah. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, kulit saya gampang sekali nampak kering dan jadi kelihatan seperti ada tanda kerak putih bila digaruk, padahal sudah mandi dengan sabun yang berpelembab, kenapa ya dok? Apa memang karena jenis kulitnya atau karena masalah lain ya dok? Terima kasih.

Erni (35 tahun)

Jawaban:

Dear Mbak Erni, apa yang dikemukakan bisa disebabkan oleh berbagai aktor, salah satunya adalah karena jenis kulit anda yang memang kemungkinan bertip kulit kering. Nah, dalam hal ini maka cara yang dapat dipergunakan untuk membantu menjaga kelembaban kulit adalah dengan wajib menggunakan pelembab yang mengandung ceramid dan digunakan segera setelah mandi.

Sebaiknya hindari pula mandi dengan air panas, karena menyebabkan kondisi permukaan kulit lebih cepat mengering, serta batasi penggunaan sabun antiseptik. Selain itu adalah dengan menggunakan lotion pelembab, serta bersegera keringkan badan pasca mandi maupun berbilas air. Dalam hal konsumsi sebaiknya perbanyak minum air putih, konsumsi makanan seperti buah dan sayur, termasuk sebaiknya menghindari kondisi ruangan yang terlalu dingin.

Demikian yang dapat disampaikan, semoga dapat menjelaskan hal terkait.

dr Agung Pranoto, SpKK

Spesialis Kesehatan Kulit dan Kelamin di RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement