Ahad 03 Aug 2014 10:20 WIB

Sering Sulit Bernafas

Kesulitan nafas atau sesak nafas
Kesulitan nafas atau sesak nafas

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, kalau nafas seringkali terasa berat banget, kayak kesulitan dalam proses menghirup udara kedalam tubuh itu kenapa ya dok? Apa fungsi paru-parunya berkurang?

Beni (31 tahun), Depok

Jawaban:

 

Salam Pak Beni, terima kasih banyak atas pertanyaan yang disampaikan. Nafas yang terasa berat bukan berarti berkurang fungsi paru, tetapi bisa disebabkan karena ada kesulitan nafas atau sesak nafas yang dialami dikarenakan beberapa faktor penyebab.

Pada saat nafas terasa berat tentu saja harus segera mencari pertolongan karena kemungkinan saluran nafas sedang menyempit, jangan dianggap sepele, namun nafas terasa berat bisa juga disebabkan oleh faktor emosional.

Jadi harus diperhatikan kapan timbulnya nafas berat atau sesak nafas, adakah pemicunya, adakah riwayat asma atau atopi/alergi (juga di keluarga) dan berapa lama serta hilangkah dengan atau tanpa pengobatan. Jika sesak nafas muncul karena ada pemicu, misalnya asap, debu dan lain-lain, dan hilang tanpa pengobatan serta ada riwayat alergi, kemungkinan karena asma.

Sebaiknya segera dicari tau penyebabnya karena nafas berat juga dapat disebabkan oleh penyakit jantung.  Jadi perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter untuk memastikan dan mengobatinya, tanpa nafas tidak akan ada kehidupan. Demikian sementara yang dapat saya jelaskan, semoga dapat dipahami dan bermanfaat.

Dr Zubaedah, SpP, MARS

Spesialis Kesehatan Paru di RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement