Jumat 25 Jul 2014 07:52 WIB

Panu di Wajah

Bagian wajah rentan terkena penyakit jamur atau panu
Bagian wajah rentan terkena penyakit jamur atau panu

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, rasanya didaerah wajah saya ada bercak putih, agak gatal, seperti panu tapi kecil-kecil bgitu, sdh pernah dikasih obat umum tapi tdk hilang, apa yang harus dilakukan dok?

Dodi (29tahun)

Jawaban:

Salam untuk mas Dodi, tentu bercak putih diwajah dapat mengganggu penampilan dan seperti yang diungkapkan, maka panu merupakan kondisi infeksi ringan yang sering terjadi, penyakit jamur pada bagian kulit ini merupakan jenis penyakit yang ditandai dengan bercak putih maupun kecoklatan.

Kondisi tersebut, merupakan sebuah kelainan yang dapat terjadi pada semua permukaan kulit, dapat disertai dengan kondisi keluhan berupa gatal maupun tanpa keluhan tersebut. Bercak putih di wajah dapat pula disebabkan berkurangnya pigmen kulit di daerah tersebut. Sehingga, apa yang terjadi tidak melulu disebabkan oleh jamur penyebab panu, tapi dapat pula dikarenakan infeksi kuman, pemakaian obat oles, sinar matahari yang bereaksi dgn kaporit atau keringat.

Bila itu memang disebabkan oleh jamur, selain obat jamur jika masih terdapat bercak putih perlu dtambahkan obat perangsang pigmen. Dalam hal ini pola pengobatan harus berlangsung secara konsisten agar dapat merawat kesehatan kulit secara terus menerus. Silahkan konsultasikan ke dokter spesialis kulit untuk mendapatkan terapi selanjutnya, demikian semoga bermanfaat.

dr Agung Pranoto, SpKK

Spesialis Penyakit Kulit dan Kelamin di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement