Kamis 24 Jul 2014 11:46 WIB

Pinggang Nyeri Setelah Bersepeda

Sakit pinggang (ilustrasi)
Foto: arylokhospital.com
Sakit pinggang (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya pernah terjatuh dari olahraga bersepeda, nampaknya sekarang kejadian 6 bulan lalu terasa dampaknya, karena sekarang saya seringkali sakit di area pinggang, apa yang harus dilakukan ya dok?

Indra (27 tahun), Cinere

Jawaban:

Turut bersimoati atas apa yang dialami mas Indra, memangperlu kewaspadaan dalam beraktifitas, sekalipun saat berolahraga karena organ tbuh kita rentan untuk mengalami trauma akibat kegiatan fisik. Sesuai dengan apa yang disampaikan maka dalam hal ini sebaiknya dilakukan pemeriksaan dilokasi pinggang seperti apakah terjadi pembengkakan, timbul lebam, ataupun kondisi lain yang spesifik.

Disamping itu perlu pemeriksaan radiologi dalam upaya memastikan kondisi persendian pada tulang pinggang, guna melihat apakah terjadi cedera seperti pergeseran maupun retakan. Bila kemudian hal ternyata hanya terkendala diseputar otot dan bukan permasalahan tulang dapat dilakukan beberapa hal terkait, seperti relaksasi didaerah pinggang dapat dengan melakukan fisioterapi maupun dikompres.

Namun demikian, agar tidak berkomplikasi lebih jauh, karena periode kejadian dengan gejala yang dirasakan tampak pada saat ini tentu berkonsultasi dengan dokter spesialis terkait guna memastikan penyebab dan penanganan yang sesuai, semoga lekas pulih.

dr Asep Ema P, SpPD

Spesialis Penyakit Dalam di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement