Rabu 23 Jul 2014 13:19 WIB

Jantung Berdebar Saat Sedang Emosi

Terserang sakit jantung
Foto: thetransferfactorindonesia.com
Terserang sakit jantung

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya sering banget merasakan detak jantung bertambah keras kalau sedang stress dan emosional, bahkan bisa terasa lemas badan kalau sudah begitu, apa ini normal ya dok? Atau penyakit jantung?

Rina (36 tahun), Cilandak

Jawaban:

 

Salam untuk mbak Rina, apa yang dialami dimana jantung berdebar saar terjadi fluktuasi emosi yang tidak terkendali termasuk diantaranya akibat dari rasa marah maupun tekanan akibat stress memang sebuah kewajaran, yang terpenting kemudian adalah memperbandingkan atas kondisi normal Anda.

Apakah selama ini bila Anda berolahraga atau melakukan exercise fisik terdapat keluhan? Bila tidak maka nampaknya hal tersebut tidak berkorelasi dengan penyakit jantung. Perlu dipahami bahwa kondisi psikologi akan langsung berdampak dan dirasakan oleh organ jantung dan arteri.

Emosi dapat menyebabkan terjadinya Takikardia, yang diistilahkan sebagai denyut jantung yang lebih cepat daripada situasi normal, dimana umumnya pada orang dewasa sehat terjadi 60-100 kali detak per menit saat beristirahat, merupakan proses transfer sinyal listrik.

Dalam hal ini, kecemasan dan kendala psikis maupun psikologis dapat memproses secara lebih cepat aktifitas dan produksi sinyal listrik sehingga dapat mengganggu irama detak jantung. Kondisi ini terbilang wajar, namun demikian memang sebaiknya dilakukan konsultasi berkala untuk memeriksakan kesehatan organ jantung kita yang terbilang vital bagi aktifitas kehidupan.

Demikian yang dapat disampaikan, terima kasih.

dr Imam Muslim SpJP

Spesialis Kesehatan Jantung di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement