Sabtu 19 Jul 2014 16:56 WIB

Bekas Luka Bakar Apakah Bisa Dihilangkan?

Bekas luka bakar pada tangan
Bekas luka bakar pada tangan

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya punya bekas luka bakar dan sudah sejak usia 15 tahun saat main petasan ditangan, kondisinya berbekas dan timbul, apa masih bisa dihilangkan dok? Rudi, 23tahun

Jawaban:

‎Terimakasih atas pertanyaannya. Luka bakar adalah kasus trauma yang tingkat kecacatannya tinggi yang dapat mengganggu fungsi maupun secara estetik.Untuk luka yang berbekas dan timbul dapat dilakukan beberapa tindakan sesuai kondisi dan lokasinya.

 

‎Pada kondisi luka yang berlokasi ditangan dapat dipasang compression garment yaitu stocking tangan yang diukur sesuai pemakai, dikombinasi dengan pelembab kulit dan massage (pemijatan) di atas bekas luka. Semua itu bertujuan untuk menghambat pertumbuhan/penonjolan bekas luka.

Namun, intervensi ini ada kekurangannya. Akan efektif apabila di lakukan sebelum 3 bulan, apabila bekas luka menonjol sudah terjadi tahunan maka efektifitasnya akan kurang.

‎Dokter bedah plastik akan menilai kondisi bekas luka dan menganjurkan pilihan tindakan secara operasi, non operasi dan kombinasi tergantung derajat kecacatannya. Akan dilakukan evaluasi dan menginformasikan kemungkinan komplikasi serta memprediksi hasil penanganan yang akan di lakukan sesuai kemampuan dan persetujuan pasien. Mudah-mudahan informasi ini dapat membantu pak Rudi dan penderita yang mengalaminya. Terimakasih.

dr Qary Hali, SpBP

Spesialis Bedah Plastik di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement