Jumat 18 Jul 2014 12:09 WIB

Pendengaran Anak Terganggu Setelah Sakit Flu

Telinga anak/ilustrasi
Foto: hearos.com
Telinga anak/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, anak saya (5) agak lama sakit flu dan sekarang terlihat agak sulit dipanggil apa karena sakit flu tersebut? Terima kasih.

Neni (33 tahun)

Jawaban:

 

Hi Ibu Neni, berkenaan dengan apa yang disampaikan, maka kondisi gangguan pendengaran pada anak memang sebaiknya harus mendapat perhatian serius karena akan sangat berhubungan dengan perkembangan dan kemampuan untuk berbicara.

Gangguan pendengaran pada anak-anak (usia 3-6 tahun) umumnya dapat terjadi seperti yang ibu telah sampaikan sebagai dampak dari akibat penyakit batuk-pilek lama dan berulang (infeksi saluran pernafasan atas), sehingga menyebabkan terkumpulnya cairan pada rongga telinga tengah (istilah medisnya Otitis Media Efusi).

Dimana, hal ini disebabkan saluran (tuba eustachius) dari hidung ke telinga mengalami sumbatan. Rasa sakit pada telinga dapat timbul jika mengalami infeksi, kadang tidak ditemukan adanya keluhan pada anak, orang tua baru mencurigai setelah anak dipanggil sering tidak mendengar atau jika mendengar Televisi mereka mengeraskan suaranya.

Pengobatan terhadap infeksi saluran pernafasan atas (batuk pilek) yang sesuai dapat mengurangi timbulnya gangguan. Jika gangguan pendengaran berlanjut lama, maka sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter Anda, sehingga dapat dilakukan penanganan sesuai, demikian yang dapat disampaikan, terima kasih.

dr Selfiyanti B, SpTHT-KL

Spesialis Kesehatan THT di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement