Rabu 16 Jul 2014 07:58 WIB

Ada Benda Asing di Hidung

Mainan Anak
Foto: parentsavvy.com
Mainan Anak

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, putri saya (3 tahun) sering bermain dengan benda yang kecil, dan saya sering khawatir akan keamanannya, karena pernah suatu kali ada mainan kecil seperti kapas yang masuk ke area hidungnya, sehingga terbatuk dan sudah keluar lagi, apa dampaknya ya dok? Terima kasih.

Dedy (32 tahun)

Jawaban:

 

Terima kasih pak Dedy, terkait dengan benda asing yang kemudian bersarang dihidung, khususnya terjadi pada anak dengan rentang usia 2-4 tahun, bisa saja terjadi. Bahkan dapat pula benda yang masuk tidak hanya berupa kapas, namun juga baterai, manik-manik dan berbagai benda lainnya.

Umumnya mekanisme perlindungan tubuh dimulai dengan bersin, tetapi kadang kala benda asing tesebut tidak dengan mudah keluar dari saluran hidung, sehingga dapat menyebabkan berbagai hal seperti: timbulnya sumbatan hidung akibat ingus kental yang dapat bernanah karena infeksi luka.

Selain itu, dapat timbul rasa nyeri dihidung hingga mimisan yang dapat pula disertai dengan pembengkakan dan peradangan akibat luka yang ditimbulkan oleh keberadaan benda asing tersebut Oleh karena itu, sebaiknya sebagai orang tua memiliki kewaspadaan dan melakukan pemeriksaan fisik dan bila diperlukan untuk dilakukan tindakan yang dibutuhkan, demikian semoga menjelaskan.

dr Selfiyanti B

Spsialis THT-KL di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement