Senin 14 Jul 2014 09:20 WIB

Sering Menghirup Bau Cairan Kimia, Berbahayakah?

Tabung berisi berbagai macam cairan zat kimia berbahaya
Tabung berisi berbagai macam cairan zat kimia berbahaya

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya pekerja diperusahaan percetakan, sehingga kerap mencium bau cairan kimia, kebetulan memakai masker tapi masih menusuk hidung, apakah ada dampaknya dikemudian hari ya dok? Sebaiknya bagaimana ya dok?

Rudi (28 tahun)

Jawaban:

Salam Rudi , terima kasih banyak atas pertanyaannya. Jika seseorang terpapar dengan bau cairan kimia, biasanya akan merangsang saluran napas dan akan mengiritasi, sehingga pada saluran napas yang sensitif akan menimbulkan reaksi dengan gejala seperti bersin, batuk dan lama kelamaan dapat timbul sesak napas.

 

Pada orang yang saluran napasnya tidak sensitif, tidak akan menimbulkan gejala-gejala seoerti yang sudah diuraikan tersebut. Apabila paparan terjadi secara terus menerus lebih dari 5 tahun pada seseorang yang sensitif saluran napasnya, maka iritasi yang terjadi terus menerus akan menimbulkan peradangan kronik sehingga dapat menimbulkan gangguan saluran napas atau paru (tergantung jenis zat kimianya).

Sementara itu, pada pekerja yang berhubungan dengan zat kimia dapat memakai APD (Alat Pelindung Diri) agar paparan tersebut berkurang dan dapat memperkecil pengaruh terhadap kesehatan. Sebaiknya pada pekerja tersebut jangan merokok karena akan memeperberat kelainan terhadap saluran napas dan paru.

Demikian yang dapat saya jelaskan, semoga dapat dipahami dan semoga sehat selalu. Salam sehat.

dr. Zubaedah, Sp.P, MARS

Spesialis Kesehatan Paru-Paru di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement