Ahad 13 Jul 2014 16:12 WIB

Mengatasi Canggung di Lingkungan Kerja dan Rumah

Tampil percaya diri/ilustrasi
Foto: greekcave.com
Tampil percaya diri/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Bu, seringkali saya canggung dan nampak tidak terlalu mudah beradaptasi dengan lingkungan dimana saya berada, baik dilingkungan kerja maupun rumah, maklum bu saya memang agak pendiam, apa yang sebaliknya dilakukan ya bu? Soalnya saya belum bisa mengubah sikap saya ini, terimakasih.

Krisna (34 tahun), Jakarta

Jawaban:

 

Dear Krisna, sebenarnya semua orang memiliki sifat pemalu dalam hal tertentu. Orang pemalu tidak menyadari bahwa sebenarnya mereka yang tampak percaya diri seringkali merasa gemetar di dalam hatinya, meskipun kadar kecemasannya berbeda pada setiap orang.

Sifat pemalu dapat didefinisikan yaitu cepat menjadi takut, berhati-hati, enggan, suka menyendiri, jauh dari menonjolkan diri, dll. Sifat ini berhubungan dengan orang lain, artinya kita tidak merasa malu ketika kita sedang sendirian tetapi merasa malu karena cemas terhadap pendapat orang lain tentang diri kita.

Gejala pemalu yang mudah terlihat adalah kesulitan berkomunikasi. Seorang pemalu selalu berdiam diri, menghindari percakapan dengan orang yang tidak dikenal, dan hanya merasa nyaman berada dengan orang-orang yang dikenalnya dengan baik.

Gejala lain dari sifat pemalu adalah sikap membela diri yang terus menerus dalam menghadapi kritik. Pada dasarnya orang pemalu takut dikritik dan khawatir melakukan kesalahan atau takut ditolak. Ini bisa terjadi sebagai akibat dari perlakuan yang diterima dari orangtua yang kurang memberikan perhatian dan kasih sayang, kurang pengertian dan terlalu banyak mengkritik.

Beberapa hal yang bisa anda coba untuk mengurangi sifat pemalu antara lain :

1. Menyadari bahwa tidak seorangpun yang sempurna. Jadi tidak perlu khawatir melakukan kesalahan-kesalahan kecil. Jangan terlalu mencemaskan pendapat orang lain tentang diri kita.

2. Tidak perlu takut dikritik baik dalam hal penampilan, pengetahuan, keterampilan, dan berbicara.

3. Belajar menyembunyikan kekacauan dalam diri kita dengan cara bertindak seolah-olah kita merasa percaya diri pada saat kita merasa tidak percaya diri.

4. Memperhatikan serta membantu orang lain dengan ketulusan akan menghilangkan sifat pemalu secara ajaib.

5. Jangan mencela dan meremehkan diri sendiri. Sebaliknya kita perhatikan hal-hal baik yang kita miliki.

6. Membaca buku yang kita sukai akan menjadi kekuatan dan inspirasi.

7. Kembangkan sesuatu yang baru dan temukan bakat-bakat yang terpendam. Ini akan meningkatkan rasa percaya diri.

8. Olahraga ringan di udara terbuka dapat membuat kita merasa lebih baik.

9. Usahakan melakukan relaksasi (yoga, meditasi, dll) secara rutin karena akan membantu anda lebih bebas dalam pembicaraan dan mengambil inisiatif pada saat anda biasanya menarik diri.

Apapun usaha yang anda lakukan, yang terpenting adalah keinginan yang tulus untuk berubah dan keteguhan hati untuk tidak berputus asa. Terus berusaha dan semoga berhasil. Salam hangat.

Dian Permatasari, M.Psi (Psikolog)

Psikolog Klinis Dewasa di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement