Jumat 11 Jul 2014 10:00 WIB

Kulit Wajah Tampak Kusam dan Agak Kasar

Wanita sedang melakukan perawatan wajah/facial. Ilustrasi.
Foto: Withlovefay.com
Wanita sedang melakukan perawatan wajah/facial. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya sering memegang wajah saya, meski tidak berjerawat tetapi nampak kusam dan agak kasar, kenapa ya dok? Adakah perawatan tertentu?

Nursiyanti (30 tahun)

Jawaban:

 

Dear Mbak Nursiyanti, wajah menjadi bagian awal dari interaksi dengan sosial dan lingkungan sekitar, tentu saja menjaga kesehatan kulit wajah menjadi sebuah kewaiban yang baik bagi kita. Berkaitan dengan wajah yang nampak kusam dan kasar dapat saja terjadi karena kulit mati yang menumpuk.

Disamping itu, dapat pula disebabkan oleh karena dampak paparan dari polusi, radikal bebas, bahkan mungkin sebagai akibat dari pemakaian kosmetik yang tidak cocok dengan tekstur jenis kulit wajah, atau bahkan ada terdapat kelainan kulit.

Sedangkan terkait dengan perawatan wajah yang dibutuhkan untuk mengatasinya, maka diperlukan rawatan kulit wajah secara teratur serta menjaga kebersihan kulit setelah berpergian maupun pasca penggunaan make up, ada pula sebaiknya mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin agar mendapatkan perawatan yang cocok serta sesuai untuk jenis kulit Mbak Nursiyanti. Demikian, salam.

dr Agung Pranoto, SpKK

Spesialis Penyakit Kulit dan Kelamin di RS Meilia Cibubur

 

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement